Unsur Penting SEO Website Untuk Jangka Panjang

Mengelola sebuah website tentunya membutuhkan tekhnik SEO agar website tersebut dapat bersaing dengan yang lainnya. Sebuah website idealnya harus mengalami pertumbuhan sejak dari awal diluncurkannya agar tidak terkesan jalan ditempat dengan kata lain website anda tidak berkembang. Untuk mengembangkan sebuah website tentunya diperlukan banyak trik SEO yang harus diterapkan di website tersebut.


Mengapa harus SEO? Dengan memahami dan menerapkan tekhnik SEO maka website kita bisa ditau dunia luar, mendatangkan banyak traffic atau pengunjung blog, dan akhirnya bisa dijadikan lahan untuk berbisnis. Buat apalah sebuah website jika tidak mendatangkan traffic, bahkkan tidak ditau keberadaannya ibarat rumah ditengah hutan, ada tapi tidak ditau dimana tempatnya.


SEO Jangka Panjang


Satu hal yang perlu sama sama kita ketahui bahwa menerapkan tekhnik SEO itu bukan pekerjaan instant, bukan pekerjaan satu malam. Menerapkan SEO adalah pekerjaan jangka panjang yang baru diketahui hasilnya dalam beberapa minggu, bulan, bahkan sampai tahunan. Jadi merupakan paradigma yang sangat salah jika anda menginginkan tekhnik SEO yang instant. Ketika hari ini anda menerapkan tekhnik SEO, maka harapannya dalam beberapa waktu kedepan bisa menunjukkan adanya perkembangan terhadap website itu sendiri. Berikut ini ada 5 unsur penting SEO website untuk jangka panjang yang dapat kita sama-sama terapkan.

1. Selalu Update Blog dengan Konten yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Untuk dapat berinteraksi dengan jutaan pengguna internet di dunia maya, maka updatelah artikel yang bermanfaat bagi pencari informasi melalui website anda. Artikel yang anda update sebaiknya relevan dengan bisnis dan brand anda. Dengan demikian, para pembaca akan mendapatkan kepercayaan terhadap apa yang anda sampaikan.

Google juga menyukai konten-konten yang fresh, konten-konten yang mengulas trend masa kini dan bukan bukan hasil copas, dan tentunya artikel yang bermanfaat bagi banyak orang.

2. Integrasikan Website/ Blog Anda Dengan Google Authorship

Fitur ini dikeluarkan oleh Google sudah lama sekali, namun masih banyak pemilik website/ blog yang belum memanfaatkannya. Google authorship adalah cara google untuk memferifikasi penulis konten dalam sebuah website, dan memperhitungkan seberapa besar keahlian (otoritas) masing-masing penulis terhadap sebuah topik. Dan ternyata author rank (Ranking Penulis) sangat mempengaruhi hasil pencarian di mesin telusur Google.

3. Bahaslah Sebuah Topik Secara Mendalam dan Detail

Seperti yang saya katakan tadi bahwa Google menyukai konten yang fresh, tetapi juga google cenderung lebih mengutamakan konten yang mendalam pada hasil pencarian mereka, biasanya kontennya panjang. Sangat mudah membuat sebuah konten sederhana dengan teks sebanyak 400 kata, lalu mengoptimasinya untuk beberapa kata kunci tertentu. Sepertinya Google sudah menyadari hal ini.

Bila saat ini Anda memiliki beberapa artikel post yang pendek (400 kata atau kurang), kemungkinan besar konten tersebut tidak mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Jika Anda ingin mendapat trafik lebih banyak dari artikel tersebut, mungkin Anda perlu memperbaikinya. Sebenarnya tidak ada standar pasti untuk jumlah kata dalam setiap artikel Anda, tapi biasanya konten yang membahas sebuah topik secara mendalam setidaknya bisa mencapai 1000 kata atau lebih.

4. Membangun Konten Yang Saling Terkait

Membuat konten yang saling terkait akan membuat pengunjung merasa betah di website kita, mengapa? karena dengan begitu pengunjung bisa mendapatkan informasi lebih dari ekspektasi mereka karena informasi yang kita berikan bisa menyebar luas ke artikel lainnya.

Mungkin ini adalah beberapa elemen yang bisa meningkatkan SEO anda dan anda belum memperhatikannya dengan baik. Silahkan buka kembali website anda dan optimasikan elemen-elemen tersebut agar website anda "bersahabat" dengan mesin pencari Google.

5. Menambahkan Keywords di Dalam Konten

Sampai saai ini menambahkan beberapa keyword dalam konten masih merupakan strategi yang penting untuk SEO jangka panjang. Tetapi perlu perhatikan juga frekuensi penggunaa keywords di dalam konten karena terlalu banyak memasukkan kata kunci tertentu di dalam konten akan dianggap keywords stuffing yang bisa berakibat buruk pada SEO website Anda. Memaksimalkan penggunakan keywords secara maksimal merupakan bentuk copywriting yang sangat baik. Tentunya ini akan sangat berguna bagi audiens anda, dan sekaligus SEO website Anda.

Mungkin itulah beberapa unsur penting SEO website untuk jangka panjang yang sedikit saya bisa jelaskan. Dengan menerapkan 5 unsur penting tersebut diatas maka tentunya kita sama-sama berharap website kita akan terus berkembang dari waktu-kewaktu. Amiin.