Cara Cepat Mendapatkan Google Sitelink Untuk Blogspot

Untuk mendapatkan Google sitelink caranya sangat mudah. Google sitelink biasanya hadir dengan sendirinya ketika kita melakukan optimasi blog yang tepat karena google sitelink hanya untuk blog yang dioptimasi dengan baik dan maksimal. Artikel tentang google sitelink sudah banyak sekali diulas oleh para teman-teman blogger yang blognya sudah berhasil mendapat google sitelink, tetapi kali ini saya hanya berbagi tentang google sitelink sesuai dengan pengalaman saya.


Google Sitelink

Google Sitelink atau sering disebut taut situs adalah sebuah sub-link yang muncul dibawah Url situs ketika kita melakukan pencarian di mesin telusur dengan kata kunci blog kita ataupun pencarian dengan url blog. Sitelink biasanya menampilkan sub-header dari 2-8, pada sitelink juga sering dapat ditemukan kotak telusur yang dapat digunakan untuk mencari sesuatu pada situs yang ditampilkan, namun kotak telusur tersebut biasanya muncul pada situs-situs besar saja. Tujuan diberikannya sitelink kepada sebuah blog oleh google adalah agar dapat membantu me-navigasi halaman situs kita pada SERP. Sitelink juga sebuah apresiasi oleh google karena menurutnya situs tersebut telah mematuhi peraturan yang ada.
Google Sitelink

PENTINGKAH GOOGLE SITELINK ?

Google sitelink merupakan apresiasi google kepada sebuah blog atau website yang mematuhi peraturan google. Google sitelink bisa menjadi barometer bahwa selama ini optimasi blog SEO on page terhadap blog kita sangat baik dan menujukkan peningkatan. Selain itu, dengan adanya sitelink pengunjung akan melonjak naik drastis karena pengunjung dapat mengetahui macam-macam konten yang ada, dengan ini akan dapat menambah minat pengunjung untuk mengunjungi blog kita.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN GOOGLE SITELINK?

Seperti yang telah saya katakna sebelumnya bahwa untuk mendapatkan google sitelink kita tidak perlu melakukan ritual ataupun teknik-teknik tertentu. Tanpa terburu-buru, google sitelink akan datang dengan sendirinya kalau artikel kita sudah banyak dengan optimasi yang baik pada blog kita. Hanya saja ada beberapa hal yang tentunya perlu kita lakukan untuk mendapatkan google sitelink lebih cepat.

1. Pastikan blogmu sudah di Submit di Google Console

Hal penting yang harus dilakukan adalah memastikan blog kita sudah disubmit di Google Console atau yang dulu namanya Google Webmaster Tool. Dengan begitu maka google akan melakukan perayapan dengan baik serta memberitahu kita apa-apa saja yang masih menjadi masalah dalam hal mengoptimasi situs dimesin pencari. Melalui google search console jumlah kunjungan ke blog kita akan dianalisis seberapa banyak pengunjung yang menggunakan mesin pencari google yang mengklik artikel kita. Telusuran kata kunci yang meningkat juga akan diketahui sehingga menjadi referensi google untuk memberikan sitelink ke url blog kita.

2. Perbanyak Tautan Link Internal Blog

Tautan link internal blog sangat penting dan ini merupakan salahsatu teknik SEO On page. Tautan link internal blog artinya memberi referensi baik kepada robot google ataupun pembaca blog kita tentang artikel terkait dari apa yang mereka baca. Dengan begitu maka semua halaman dalam blog kita akan saling terlink satu sama lain yang akan memperkuat posisi blog kita dimesin pencari. Hal ini akan menjadi pertimbangan kuat bagi google untuk segera menampilkan URL posting melalui google sitelink.

3. Pertahankan Keyword Konten Blog

Untuk mendapatkan google sitelink dengan cepat, usahakan untuk tidak merubah keyword konten blog yang mencakup Judul Blog (nama blog) dan keyword postingan lainnya. Dengan begitu maka akan membuat google untuk semakin fokus melakukan penilaian terhadap blog anda untuk segera mendapatkan google sitelink.

4. Jangan Gonta-Ganti Template

Usahakan untuk tidak gonta-ganti template blog (kalau gonta ganti pacar boleh gak??). Banyak blogger (khususnya newbie) yang sangat hobi gonta-ganti template. Penyebabnya masih kurang jelas kenapa tetapi kalau tidak salah mungkin saja yang punya blog bosan dengan tampilan blognya atau mungkin dia merasa blognya tidak SEO sehingga yang disalahkan adalah template blognya. Padahal gonta-ganti tempalate sangat tidak baik dampaknya terhadap blog karena akan merubah semua struktur HTML yang telah dirayapi oleh robot google. 

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan google sitelink dengan cepat. Intinya tidak usah terburu-buru karena google sitelink tidak seperti google adsense yang dengan kehadirannya anda bisa menghasilkan uang melalui blog. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi sobat blogger semua paling tidak dengan berbagi pengalaman dan bertukar wawasan kita akan lebih bisa dan tahu. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika masih ada yang tidak dimengerti. Salam admin.