Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Dengan Gambar

Cara membuat blog di blogspot sebenarnya sangat mudah. Tutorial cara membuat blog di blogspot kali ini akan saya bahas disertai dengan gambar agar lebih memudahkan anda memahami artikel cara membuat blog di blogspot.

Cara membuat blog di blogspot saat ini sudah semakin mudah. Hal pertama yang perlu kita siapkan adalah akun Google. Kita ketahui bahwa blogspot adalah milik google, maka dari itu untuk menggunakan layanan google maka kita harus memiliki alamat email google yang bisa dikenal dengan gmail.

Dulu, blog digunakan sebagai tempat catatan pribadi seseorang secara online. Seiring berkembangnya teknologi maka blog kini semakin berkembang tidak saja terbatas untuk catatan pribadi. Saat ini blog sudah banyak digunakan untuk mberbagi informasi menarik seperti tips trik, dan artikel-artikel menaarik lainnya.

Beberapa tahun sebelumnya, blog masih dibilang sulit digunakan karena butuh pengetahuan lebih mengenai pengembangan web agar bisa mengerti kode PHP, HTML, CSS, dll. Namun saat ini, dalam menggunakan blog semakin mudah karena telah banyak dikembangkan oleh programer.

Kita mengenal banyak platform untuk membuat blog. Ada wordpress, jombla, dll. Blogspot adalah platform yang paling terfavorit. Untuk membuat blog kita tinggal mengunjungi situs www.blogger.com.

Apa kelebihan blogspot?

Banyak blogger yang lebih memilih menggunakan blogspot karena fitur gratis yang dimilikinya. Selain itu, blogspot sendiri adalah milik google jadi berbicara masalah keamanan sudah tentu dijamin oleh google.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Untuk membuat blog, caranya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan masuk ke www.blogger.com
2. Jika anda belum login menggunakan alamat email google, maka login terlebih dahulu.
Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Dengan Gambar

3. Jika sudah, anda akan diarahkan ke halaman blogger untuk segera membuat blog.
Daftar blog
4. Jika anda sudah dihalaman blogger seperti gambar diatas, langsung saja klik Buat Blog Baru
5. Selanjutnya akan muncul tampilan daftar blog seperti gambar dibawah ini.
Buat blog baru
6. Silahkan anda isi kolom judul blog sesuai dengan apa judul blog anda. Selanjutnya pada bagian alamat, isikan sesuai alamat blog anda. Saran saya sebaiknya judul blog disamakan dengan alamat blog jika masih tersedia. Jangan lupa juga anda memilih tema sesuai keinginan anda. Jika sudah selesai, klik Buat Blog.

7. Karena blog yang terlah anda biar tadi menggunakan domain blogspot.com maka akan muncul pop up dari google domain yang memberikan anda penawaran untuk mencari top level domain di google domain.

Google domain

Jika anda berminat, anda bisa mencari domain di google domain. Tetepai jika anda telah memiliki domain TLD, maka silahkan klik lain kali.

Untuk mengganti url blog anda yang gratisan menjadi top level domain, silahkan baca artikel Cara Mengganti Domain Blogspot Dengan Custom Domain TLD.

8. Nah sekarang blog anda sudah jadi. Kini anda sudah bisa menerbitkan artikel atau tulisan apapun di blog anda.
blog baru

blog baru

Untuk lebih memaksimalkan kinerja blogspot, ada beberapa pengaturan yang harus anda terapkan. Kinerja yang saya maksud adalah agar blog anda bisa bersaing di mesin pencari google. Untuk itu, selanjutnya silahkan baca artikel Optimasi SEO Blogspot Dengan Fitur Robots Header Tags.