Cara Mengatasi Kartu SD yang Tidak Terbaca Ponsel

Cara Mengatasi Kartu SD yang Tidak Terbaca Ponsel - Jika sebuah ponsel sudah semakin tua, maka banyak masalah yang sering terjadi. Misalnya saja ponsel cepat panas, atau bisa saja kartu SD ponsel tersebut tidak terbaca. Nah untuk masalah kartu SD yang tidak terbaca, tentunya bisa desebabkan oleh banyak hal.

 tersebut atau bisa saja karena memang kartu sd tersebut yang rusak. Tentunya, gangguan seperti ini membuat beberapa pengguna merasa kesal karena tidak dapat mengakses file yang tersimpan dalam ponsel.


Micro SD

Lalu, bagaimana cara mengatasi kartu SD tidak terbaca ponsel? berikut ini ada beberapa tips ampuh membenahi kartu SD atau microSD atau Memori Card yang tidak terbaca ponsel.

System Error

Penyebab umum memory card ponsel tidak terbaca adalah memory card mengalami kerusakan atau system error. Hal ini biasa terjadi pada kartu SD yang tidak berkualitas atau kw. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu memindahkan kartu SD dari ponsel dan mengambil Card Reader sebagai media pengaplikasian lain.

Pertama, sobat hubungkan card reader yang sudah terisi kartu SD bersistem error dengan komputer. Selanjutnya, copy data-data penting dari memori card ke komputer. Langkah akhir, format kartu SD dan isi kembali dengan file yang tadi dipindat, done.

Ponsel yang Rusak

Faktor lain yang biasa terjadi adalah rusaknya port microSD pada ponsel. Biasanya, port rusak karena faktor ponsel yang tercelup air hingga komponen konslet atau tembaga port yang hilang. Cara mengatasinya adalah dengan mengecak arus listrik menggunakan peralatan multi tester digital dan mengecek arus volt.

Memori yang Terkunci

Lupa sudah menjadi hal yang wajar. Terlebih lupa password untuk membuka memori card. Lupa password seperti ini dapat menyebabkan terkuncinya micro SD. Cara mengatasinya adalah masuk ke C:systemMMCstore.ini baca mmcstore.ini dengan notepad atau menggunakan aplikasi MMCpwd.sls.

Virus

Faktor terakhir dan juga sering dialami pengguna adalah memori card yang terkena virus. Berbagai macam virus akan terus menerus bermunculan dan menyerang memori, sehingga memori tak dapat berfungsi secara normal. Cara mengatasinya dengan memberi ponsel dengan sistem keamanan atau antivirus. Tentunya, aplikasi anti-virus itu harus selalu update.

Itulah Cara Mengatasi Kartu SD yang Tidak Terbaca Ponsel. Semoga bermanfaat.