Cara Mengatasi Ponsel Android yang Terkena Air

Cara Mengatasi Ponsel Android yang Terkena Air - Ponsel android jatuh di air bisa saja terjadi diluar kesengajaan kita. Misalnya saja jika berada ditoilet atau dikolam renang bisa jadi hal itu terjadi dan membuat anda panik seketika. Musibah seperti ini sering sekali terjadi yang tentunya dapat menimbulkan kerusakan pada ponsel. Mungkin dari sekian banyak kasus ponsel yang kena air masih bisa diselamatkan tetapi tidak jarang juga ponsel yang langsung matti total.

Pada dasarnya air yang masuk ke ponsel dapat menyebabkan korsleting pada komponen dan jika hal tersebut tidak cepat diatasi maka akan merusak komponen penting seperti LCD. Dengan membawa ke tukang servise adalah cara yang baik jika Anda memang tidak mau repot atau tidak mengatahui cara mangatasinya. Namun jika sedang bebergian, pasti nya akan membutuhkan waktu. Padahal jika dibiarkan akan menjadi lebih parah kerusakan komponenya.


Ponsel Android Kena Air
Ponsel Android Kena Air


Nah berikut ini ada beberapa tips sebagai langkah pertama untuk menyelamatkan ponsel anda yang terkena air.

1. Usahakan Jangan Menghidupkan Handphone

Biasanya saat handphone terkena air, yang dilakukan pengguna adalah menghidupkan handphone untuk mengecek apakah hp masih nyala atau sudah mati. Padahal langkah tersebut adalah yang harus dihindari sejak awal. Nah untuk itu, langsung matikan hp jika kerkena air agar tidak terjadi koslet pada komponen.

2. Melepaskan Baterai Dan Cassing

Setelah matikan hp, langkah selanjutnya dengan melepas baterai, casing, dan apa saja yang menempel pada mesin. Cara ini berguna karena kita akan membersihkan dan mengeringkan perangkat.

3. Keringkan Handphone

Setelah semua terlepas, bersihkan semua komponen menggunakan kapas atau kain halus. Selain itu, bisa menggunakan kipas angin atau pengering rambut. Usahakan saat mengeringkan agar sampai benar - benar kering, supaya ponsel bisa kembali normal. Setelah itu diamkan beberepa jam, selanjutnya pasang casing, baterai, dan lainya agar kembali seperti semula. Jika sudah, coba hidupkan dan cek semua.

4. Bawalah ke Tempat Service

Jika cara diatas masih tidak dapat memperbaiki hp, dengan membawa ke service merupakan cara terakhir untuk memperbaiki hp yang terkena air. Namun perlu diketahui, biasanya untuk memperbaikinya membutuhkan dana yang agak terjangkau, misal mengganti komponen yang rusak.

Itulah cara mengatasi ponsel yang kena air sebagai pertolongan pertama. Dengan menerapkan cara diatas tentunya akan mengurangi hal-hal yang kemungkinan terjadi pada ponsel anda.