Cara Mengembalikan File yang Disembunyikan Virus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Disembunyikan Virus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Tersembunyi di Flashdisk - Mengembalikan file yang tersebunyi di flashdisk perlu dilakukan kalau file di flashdisk tersembunyi karena virus. Flashdisk yang terkena virus biasanya semua file didalamnya akan tersembunyi karena ulah virus flashdisk tersebut. Virus di flashdisk biasanya tidak hanya menyembuntuikan file tetapi pada kasus lain biasanya file tersebut dirusak atau crash.

Masalah file yan tersembunyi karena virus di flashdisk sudah tidak asing lagi bagi anda pengguna windows. Biasanya ini terjadi karena flashdisk anda terlalu sering dicolok disembarang laptop. Dalam proses pemindahan data, kita tidak tau laptop mana saja yang bersih dari virus. Maka dari itu kurangi aktivitas mencolok flashdisk ke sembarang laptop.

Saya juga pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan tentang masalah ini. Awalnya saya ingin mengambil file dari komputer teman dikantor, tetapi tanpa saya sadari ternyata komputer tersebut sangat bervirus. Dan hasilnya, semua data penting saya di flashdis langsung hilang.

Saya sangat kaget bukan main, pasalnya di flash disk itu ada laporan hasil penjualan yang akan saya persentasikan dihari itu, saya panik dan keringat dingin.

Sempat terlintas difikiranku mungkin saja file saya yang di flash disk terhapus oleh antivirus yang ada dikomputer teman saya. Mungkin saja file file saya dianggap virus makanya langsung terhapus otomatis oleh antivirus.

Selang beberapa jam kemudian saya bertemu dengan teman yang ahli IT di kantor, akhirnya saya ditunjukkan inti permasalahannya.

Ternyata yang bervirus bukanlah flash disk saya tetapi komputer teman saya. Adapun antivirus yang terpasang dikomputer itu sudah tidak aktif sejak lama. Dengan sabar dia menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan data flashdisk yang disembunyikan virus.

Cara Mengembalikan File yang Disembunyikan Virus di Flashdisk

Untuk mengembalikan file yang disembunyikan virus di flashdisk sebenarnya ada beberapa cara dan tahapan. Cara mengembalikan file yang disembunyikan virus bisa dilakukan dengan menggunakan softwere pihak ketiga, ada juga yang bisa dilakukan dengan cara manual (menggunakan tools bawaan windows).

Cara ini berlaku untuk pengguna windows 7, 8 dan 10. Namun disini saya tidak membahas tentang cara yang dilakukan dengan menggunakan softwere pihak ketiga. Cara yang paling musah dan aman adalah dengan menggunakan tool bawaan windows. Adapun yang ingin mencari tahu cara mengembalikan file yang disembunyikan virus di flashdisk dengan menggunakan softwere pihak ke tiga silahkan cari sendiri tutorialnya di google.

Lanjut pembahasan file yang disembunyikan virus di flashdisk, sebenarnya file anda masih terdapat di flashdisk, namun tidak dapat terlihat karena atribut file tersebut telah dirubah oleh virus menjadi Hidden, dan Protected by Operating System. Untuk menampilkan file tersebut, show file/folder hidden saja tidak cukup dikarenakan file tersebut juga diproteksi oleh operating system.

Maka dari itu jika anda mendapat masalah yang demikian, jangan terburu-buru untuk memformat flashdisk anda. Langkah langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer dengan menggunakan tombol windows + E
  • Jika sudah terbuka, pada kiri atas filih File > Options.
  • Akan muncul kotak dialog Folder Options
  • Pada tab view, pilih Show hidder files and drives
  • Hilangkan juga tanda centang pada Hidden file protected operating system
  • Klik Apply kemudian Ok.

Sampai disini kita  sudah bisa melihat file dan folder yang disembunyikan oleh virus. Sekarang cobalah untuk mengcopy file atau folder yang tersembunyi tadi ke tempat lain. Jika file /folder dapat dicopy atau dipindah, maka masalah sudah selesai.

Namun jika tidak bisa di copy atau dipindah serta tidak dapat dirubah menjadi Unhidden, tahapan selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Buat file berektensi *.bat dengan menggunakan notepad bawaan windows. Kemudian masukkan kode ini:
attrib -s -h *.* /s /d
2. Kemudian simpan dengan akhiran nama *.bat, misalkan kita beri nama file.bat dan pada bagian save as, pilih all file.
Ingat, simpan file di flashdisk anda bukan di drive lain, taruh di halaman terluar flasdisk
3. Selanjutnya, jalankan file.bat tadi dengan cara mendouble click file tersebut dan tunggu sampai jendela CMD menutup sendiri. Jika jendela CMD sudah menutup berarti file yang kita buat tadi sudah selesai bekerja, dan sekarang data-data anda yang ada di flashdisk sudah tidak hidden lagi dan dapat dicopy ke tempat lain.

Silahkan pindahkan semua data-data anda dari flash disk dan segeralah format flashdisk untuk membersihkan componen virus yang tersisa, siapa tahu disana terdapat file autorun yang telah dimodifikasi oleh virus.

Kini flasdisk anda telah bersih dan semua file anda yang disembunyikan oleh virus sudah muncul kembali.