Hari Anak Nasional Turut Menghiasi Google Doodle

Hari Anak Nasional Turut Menghiasi Google Doodle

Hari Anak Nasional Turut Menghiasi Google Doodle - Hari anak nasional turut diperingati google doodle hari ini Senin, 23 Juli 2018. Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Saat mengakses Google di hari ini, anda akan menemukan tampilan Google Doodle di halaman muka mesin pencarian tersebut. Setiap huruf yang ada pada kata 'Google' tampak karikatur anak-anak sedang bergembira memainkan alat musik

Ditilik dari sejarah, Hari Anak Nasional bermula dari gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak bangsa. Perayaan ini diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada 19 Juli 1984.

Peringatan Hari Anak Nasional bertujuan melibatkan seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, dan orang tua untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak mereka dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.

Hari Anak Nasional kali ini mengusung tema "Anak Indonesia Anak GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat)". Tema ini juga dikaitkan dengan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games, di mana Indonesia sebagai pihak tuan rumah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Melalui tema yang diangkat tahun ini, Yohana berharap anak Indonesia dapat menjadi anak yang sehat, bahagia dan aman. Selain itu sejalan dengan akan digelarnya Asian Games 2018, anak juga dapat berolahraga, beraktivitas di luar ruangan, belajar sportivitas sehingga dapat terhindar dari pengaruh lingkungan yang negatif.

Maju atau tidaknya sebuah bangsa, tidak bisa dilepaskan dari peran para generasi mudanya. Di mana termasuk di dalamnya ialah anak-anak, yang kelak akan tumbuh dan berkembang untuk menjadi pemimpin dan sosok-sosok penting untuk membangun sebuah negara.

Maka dari itu, kehadiran dan peran dari anak-anak sebagai bagian dari elemen masyarakat juga sama pentingnya dengan peran orang-orang dewasa lainnya. Betapa pentingnya kehadiran anak sebagai elemen dari masyarakat, ditandai salah satunya oleh Pemerintah dengan menetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN), yang mana diketahui sebagai salah satu upaya penjaminan hal anak yaitu hak hidup, hak tumbung kembang, hak berpatisipasi sesuai harkat dan martabat serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.