Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa - Dalam menggunakan ban tubelss, ada beberapa kelebihan ban tubeless daripada ban biasa. Ban tubeless kini sudah banyak dipakai masyarakat Indonesia. Ban Tubeless adalah pilihan masyarakat yang paling banyak digunakan pada sepeda motor. Hanya saja dalam menggunakan ban tubeless, ada beberapa anggapan yang salah yang pada ahirnya menjadi perdebatan ditengah tengah masyarakat.

Ban tubeless dikatakan sebagai ban tahan banting karena ban tubeless tidak bisa bocor jika terkena ranjau seperti paku, dll. Padahal sebenarnya, ban tubeless juga bisa bocor, hanya saja ban tubeless tidak langsung kempis seperti pada ban biasa, jadi kita masih punya waku untuk ke tempat tambal ban.

Anggapan lainnya bah wa ban tubeless memiliki kualitas yang sangat bagus dari ban biasa.Hal ini masih banyak diperdebatkan oleh masyarakat khususnya dikalangan pengguna sepeda motor. Nah apakah benar ban tubeless lebih baik dari pada ban biasa? Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan ban tubeless dibandingkan ban biasa.

1. Daya tahan terhadap ban tubeless "Ranjau" dan benda tajam lainnya

Ban Biasa

Jika terkena tusukan benda tajam, ban biasa akan langsung kempis. Artinya ban biasa tidak memiliki pertahanan kedua. Dalam hitungan menit, anda harus menarik kendaraan anda karena angin ban biasa akan langsung keluar. Hal ini tentu membuat kita resah dalam menggunakan ban biasa, tentunya kita akan lebih berhati hati untuk menghindari tusukan benda tajam.

Ban Tubeless

Tidak seperti ban biasa, ban tubeless dianggap tangguh terhadap tusukan benda tajam. Artinya, jika terkena paku atau benda tajam laninnya maka ban tubeless tidak akan langsung kempis. Angin pada ban tubeless akan keluar secara perlahan dan sedikit sedikit. dengan begitu anda masih punya kesempatan untuk ke bengkel tambal ban sebelum ban anda benar kempis.

Tetapi, jika ban tubeless sudah sangat kempis dan masih dipaksakan, maka hal ini akan merusak tekstur ban sehingga menyebabkan ban bisa robek dan velg bisa rusak.

Keunggulan yang diniliki ban tubeless ini tentu sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan. Jika ban kendaraan anda tertusuk benda tajam, maka masih ada waktu untuk segera menuju ke tempat bengkel tambal ban.

2. Daya Tahan Ban Tubeless Terhadap Jalan Rusak

Ban Biasa

Ban biasa dianggap lebih baik dan dalam menghadapi jalan berlubang. Hal tersebut karena struktur karet pada ban biasa lebih tebal dan lebih empuk sehingga ban biasa lebih tangguh dalam menghadapi hantaman.

Ban Tubeless

Ban tubeless kurang baik untuk jlan yang berlubang. Jika ban tubeless sering digunakan untuk melewati jalan berlubang atau jalan yang rusak maka sangat berresiko dapat merusak velg dan ban bisa lebih cepat rusak. Hal itu terjadi karena velg langsung mendapat benturan dari jalanan rusak karena ban tubeless tidak memiliki struktur karet yang lebih tebal dan empuk seperti pada ban biasa.

Pada ban biasa, udara didalam ban masih bisa memantulkan tekanan sehingga benturan yang menuu velg tidak terlalu besar. Maka dari itu kesimpulannya adalah, ban biasa lebih cocok digunakan di jalan yang berlubang, sedangkan ban tubeless lebih cocok di jalanan perkotaan.

3. Kelebihan Ban Tubeless untuk Bermanuver atau Tikungan pada kecepatan tinggi

Ban Biasa

Ban biasa kurang baik digunakan untuk bermanuver, hanya saja lebih empuk dibandingkan dengan ban biasa. Ban Biasa leih unggul jika digunakan dalam kecepatan rendah dan jalanan yang padat yang membutuhkan selap selip.

Ban Tubless

Ban Tubeless lebih stabil dan memiliki karakter yang kuat dalam cengkraman aspal, selain itu ban tubles tidak menekan menggunakan udara, jadi permukaan ban akan tetap rata. Sehingga saat ditunggangi dalam kecepatan tinggi untuk urusan bermanuver atau menikung, ban tubeless memang lebih mengigir dan stabil jika dibanding dengan ban biasa.

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa. Jika ragu untuk memilih ban yang cocok sesuai kebutuhan anda, maka artikel Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa ini semoga bisa membantu anda dalam menentukan pilihan. Terimakasih.