Kelebihan dan Kekurangan Blogger yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot yang Perlu Diketahui

Blogger memiliki kelebihan dan kekurangan jika digunakan sebagai flatform blogging. Kelebihan dan kekurangan blogger ini perlu diketahui agar nantinya tidak jadi penghabat dalam aktivitas ngeblog. Blogger sudah digunakan oleh para penggiat internet sejak pertama kali diluncurkan.

Banyak terlahir para webmaster handal yang semula berawal dari menggunakan blogspot. Ada juga yang menggunakan blogspot untuk membuat blog personal maupun bisnis kecil. Selama ini kita mengenal layanan blogging dari Google ini dengan nama Blogspot, tapi sejak beberapa waktu lalu mereka menggantinya dengan nama Blogger.

Blogger kini telah tumbuh menjadi wadah untuk menuangkan opini yang cukup efekstif hingga saat ini. Selain itu, aktivitas blogging tak hanya monoton pada lingkup personal saja. Kini aktivitas blogging banyak digunakan oleh para webmaster untuk menghasilkan uang.

Kelebihan Blogger yang Perlu Diketahui

Jika kita berbicara soal kelebihan dan kekurangan blogspot, mungkin saja masih ada yang belum tau. Untuk itu, artikel ini mengulas apa saja kelebihan dan kekurangan blogspot jika anda pilih sebagai flatform dalam membangun situs anda.

1. Gratis

Salah satu alasan mengapa blogger banyak digunakan yaitu karena blogger gratis untuk siapapun. Situs blogger ini sejak awal diluncurkan selalu tersedia gratis untuk siapapun. Anda tidak akan terbebani dengan fikiran untuk berlangganan atau menyewa hosting jika menggunakan blogger.

2. Hostingnya Unlimited

Jika menggunakan wordpress, maka anda perlu menyewa penyedia hosting sebagai media untuk mengonlinekan situs anda. Lain halnya jika anda menggunakan blogger, anda akan mendapatkan hosting gratis dan unlimited bandwidth dari server google. Berapapun jumlah pengunjung blog anda tidak akan pernah mengalami down server. karena server blogger ini langsung dari server google.

3. Mudah Digunakan Bagi Pemula

Bagi anda yang baru saja terjun di dunia blogging, menggunakan blogger.com adalah pilihan tepat. Anda tidak perlu keahlian khusus seperti menguasai kode PHP, CSS, dll. Dengan pengetahuan seadanya anda sudah dapat menggunakan blogger. Asal anda bisa menggunakan komputer dan tidak kudet, saya tetap yakin anda tidak akan mengelami hamabatan dalam menggunakan blogger.

4. Seo Friendly

Seperti yang telah saya ungkapkan diatas bahwa blogger ini adalah milik google. Tentu dalam hal hasil pencariannya, google akan lebih prioritas menampilkan situs yang menggunakan blogger. Terbukti dengan semakin banyaknya blogger yang menguasai kata kunci dihalaman pencarian yang meningkatkan jumlah pengunjung organik sebuah situs.

Meningkatkan SEO blog adalah kewajiban seorang pemilik situs. Jika anda menggunakan blogger, maka untuk urusan SEO, anda tidak perlu banyak membuang waktu dan tenaga bahkan materi hanya untuk mengurus masalah SEO.

Selain itu, Fitur HTTPS juga kini support dengan blogger. Anda tinggal mengaturnya dengan mudah melalui halaman pengaturan blogger.

5. Banyak Template Gratis

Untuk masalah tampilan, template gratis blogger selalu tersedia untuk siapa saja. Anda tinggal mencari template gratis di internet sesuai dengan kebutuhan dan kemauan anda. Cara menggunakannya pun sagat mudah, tinggal upload maka template tersebut akan langsung aktif di ditus anda.

Template blogger juga tersedia untuk tampilan mobile friendly. Anda tinggal mencari ribuan template blogger responsive gratis yang berhamburan di internet.

6. Paling Aman

Dengan menggunakan blogger, anda memiliki keuntungan tambahan dari platform aman dan terpercaya yaitu Google. Anda tidak perlu khawatir untuk mengelola server, mengamankan blog, atau membuat backup.

7. Cara Daftarnya Gampang

Untuk menggunakan blogger, anda hanya perlu memiliki sebuah alamat email gmail. Jika anda sudah sudah memiliki sebuah alamat email, anda tinggal menuju ke situs blogger.com dan membuat blog disana dengan sangat mudah. Baca: Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Dengan Gambar.

Nah jika ulasan diatas adalah mengenai kelebihan blogger, maka kini giliran kekurangan blogger jika digunakan sebgai flatform blogging.

Kekurangan Blogger yang Perlu Diketahui

1. Tampilannya Biasa-Biasa Saja

Secara umum, tampilan blogger itu biasa biasa saja meskipun banyak template blogger responsive gratis maupun premium yang bisa anda gunakan untuk merubah tampilan blogspot. Namun kendati demikian, hal itu tetat saja membual tampilan blogspot terlihat biasa biasa saja. Mungkin ada tambahan alasan dari pembaca mengapa tampilan blogger itu dikatakan biasa biasa saja.

2. Kurang Leluasa Dalam Menulis Artikel

Tampilan pada dashboard blogger tidak begitu lengkap jika dibandingkan dengan flatform lainnya seperti wordpress. Dengan begitu maka anda akan mengalami beberapa hambatan dalam menulis artikel, misalnya anda harus memodifikasi kode kode tertentu dahulu untuk membuat page break jika artikel anda sangat panjang.

3. Statistik di Blogger Kurang Lengkap

Statistik blogger yang tersedia kurang lengkap. Anda hanya bisa melihat statistik untuk beberapa item saja. terkecuali lagi anda menggunakan google analitycs untuk mengontrol statistik blogger anda.

4. Terikat Dengan Peraturan Google

Blogger adalah milik google jadi semua peraturan google harus dipatuhi jika ingin tetap menggunakan blogger. Jika tidak maka jangan heran jika blog anda tiba tiba dihapus google. Sudah banyak kasus yang menimpa pemilik situs yang tiba tiba blognya dihapus google. Sebut saja mereka m-wali.blogspot.com, terselubung.blogspot.com, dll.

5. Masa Depan Blogger

Sudah beberapa tahun terakhir ini google tidak melakukan update untuk blogger.com. Salah satu yang menjadi kekhawatiran bahwa google telah banyak membunuh produknya sendiri seperti google reader, Adsense for feeds, dan banyak kabar burung tentang FeedBurner adalah calon selanjutnya. Masa depan blogger bergantung pada google, dan google memiliki hak untuk mematikannya kapanpun google mau.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan blogspot. Walaupun demikian, sampai sat ini blogspot masih menjadi flatform paling favorit bagi sebagian besar blogger di dunia.