Kelebihan Menggunakan Blogspot Dalam Membuat Blog

Kelebihan Menggunakan Blogspot Dalam Membuat Blog - Bukan rahasia lagi kalau blogspot memiliki kelebihan dalam membuat blog. Dalam dunia blogger, ada banyak platform blog yan sering kita dengar. Tetapi diatara platform blog yang ada, hanya ada dua platform yang paling populer yaitu Blogspot/Blogger & Wordpress. Untuk masing masing keunggulannya, saya rasa sudah banyak sekali ulasan tentang kelebihan ngeblog di Blogger dan di Wordpress. Artikel ini menjelaskan tentang apa kelebihan ngeblog di blogspot atau blogger dibandingan dengan platform lain yang ada. Adapun beberapa kelebihan yang diperoleh ketika anda memutuskan untuk ngeblog di blogger adalah sebagai berikut.

Apa Kelebihan Ngeblog di Blogspot/Blogger ?

1. Milik Google

Satu-satunya layanan blog yang dimiliki oleh google hanyalah blogspot Blogger.com. Karena milik google, makanya jangan heran kalau platform blogspot ini dimanjakan oleh Google itu sendiri. Artikel-artikel dari blogspot akan terlebih dahulu ditampilkan pada pengguna internet yang mencari informasi apapun melalui search engine google.

Begitupun juga ketika blogger itu sendiri memposting artikel maka google secara otomatis akan cepat-cepat mengindeks artikel kita dimesin pencari sehingga mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui search engine.

2. Otomatis Punya Gmail dan Akun Goole Lainnya

Flatform blog lain umumnya menyaratkan email. Blogger tidak. Begitu "Sign up" untuk membuat blog, maka otomatis kita juga membuat email (Gmail) yang terintegrasi dengan fasilitas Google lainnya, termasuk Youtube, Picasa Web Album, Google Drive, Google Webmaster Tools, Google Feedburner, Google Analytic, Google Plus, Google Page, dan masih banyak lagi.

Jika kita memiliki email Gmail, juga otomatis kita sudah memiliki akun di blogger.com. Kita tinggal login ke akun Gmail, lalu buka "tab baru" dan mengetikkan "blogger.com" di address bar. Pilih "Create a blog" atau "Buat Blog Baru"!

3. Monotize

Jika anda ngeblog bertujuan untuk mencari dolar, maka blogspot adalah plihan yang tepat. Dengan menggunakan blogspot maka dengan mudah blog kita bisa diterima sebagai publisher google adsense yang juga milik google dengan catatan blog kita sudah memenuhi syarat-syarat mutlak untuk menjadi publisher google adsense. Layanan google adsense tidak dimiliki oleh platform lain.

2. Tampilan Gampang Dimodifikasi

Platform Blogspot menggunakan dasar HTML. Kita bisa leluasa menambah, mengubah, menampilkan apa pun di blog kita dengan kode CSS, Javascript, dan HTML. Template blog bisa gonta-ganti. Banyak sekali yang gratis dan desainnya mirip website pro. Silakan search di Google. Misalnya, ketika "magazine blogger template", maka akan muncul banyak sekali pilihan tampilan yang, lagi-lagi, bisa diubah (dimodif) sesuai selera.

Jadi, kalo ingin tampilan blog keren layaknya website profesional, blogspot adalah pilihan yang sangat tepat.

2. Tentunya Bisa Pakai Domain Sendiri

Kita bisa mengganti alamat blog dengan nama domain sendiri. Ada fasilitas Custom Domain. Tanpa membeli paket hosting, pengguna blogspot dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan free hosting di blogspot. Benar, WordPress juga bisa Custom Domain. Namun, di WP templatenya tetap menggunakan bawaan WP. Berbeda dengan Blogspot yang bisa menggunakan template buatan sendiri sekalipun.

2. Hosting Paling Aman

Blogspot terlindungi (protected), karena ia milik Google. Selama kita tidak melanggar aturan, blog kita aman dan tidak akan pernah didelet. Demikian halnya dengan isi (kontent) blog, juga aman.

Belum ada ceritanya blog blogspot kena hack atau kena injeksi skrip, kecuali sang hacker berhasil mencuri username dan password akun gmail atau akun Google Anda. Email gmail Anda pun dilindungi Google dengan adanya konfirmasi via nomor HP.

Itulah beberapa kelebihan ngeblog di Blogspot. Jika ada tambahan dari teman-teman, silahkan tinggalkan komentarnya.