Keuntungan Menggunakan Template Blogger Responsive

Menjadi seorang blogger salah satu kelebihannya adalah blogger itu sendiri tidak akan ketinggalan jaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa seiring perkembangan zaman tentunya juga diiringi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Misalnya saja di era 90-an belum ada yang namanya smartphone seperti samsung atau iPhone. Tetapi untuk saat ini kedua perangkat tersebut sepertinya sudah menjadi teman kita beraktivitas. Tentunya seiring dengan perkembangan zaman tersebut, segala sesuatu harus ikut menyesuaikan jika tidak mau dikatakan ketinggalan zaman.

Template Blogger Responsive

Didunia website, dengan adanya perkembangan teknologi tentunya juga semua fitur dan konten dari sebuah website harus ikut menyesuaikan. Fitur yang dimaksud disini adalah tempilan dari website atau blog itu sendiri. Tentu hal tersebut akan menimbulkan sebuah pertanyaan "mengapa website juga harus menyesuaikan?"

Dulu, ketika para pengguna internet mencari sesuatu dengan cara browsing tentu mereka menggunakan PC atau Laptop. Tetapi sekarang ini, mengakses internet bukan saja melalui PC atau Laptop tetapi juga sudah bisa melalui PC. Bahkan tidak menutup kemungkinan sebuah halaman website atau blog akan lebih sering diakses melalui smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur pendukung agar nyaman berselancar di internet.

Untuk menghadapi hal ini, tentunya google sebagai search engine tervaforit didunia telah memberikan solusinya. Menggunakan template responsive adalah salah satu alternatifnya.

Apa itu Template Responsive?

Kita sebagai blogger tentunya sudah tau apa itu template responsive. Tapi bagi yang belum tahu, template responsive adalah template yang bisa menyesuaikan lebar tampilan secara otomatis sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Misalnya jika kita buka sebuah website/blog lewat smartphone, maka tampilannya tidak akan melebar atau harus diperbesar dulu supaya lebih jelas. Biasanya sebuah website jika diakses lewat smartphone memiliki tampilan yang besar, sehingga harus dicubit (kalau pakai fitur touchscreen) atau diperjelas.

Sedangkan sebuah blog yang memiliki template responsive, mampu menyesuaikan tampilannya pada smartphone jenis apapun. Tampilannya kurang lebih sama dengan versi desktop, namun kita tidak perlu mencubit layar karena sudah didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan layar smartphone.

Saat ini, para designer / developer template sudah banyak mengeluarkan karya-karya template blogger yang responsive. Ditambah dengan berbagai fitur yang menarik dan enak dipandang mata. Beberapa dari template responsive sudah banyak yang kita sobat dapatkan secara gratis.

Template Blogger Responsive Gratis Terbaru


Apa Manfaat menggunakan Template Responsive?

Manfaat dari template responsive adalah pengunjung blog akan merasa betah membuka satu persatu artikel yang ada di blog kita karena pengunjung tidak perlu susah-susah menggeser kiri kanan atau 'cubit' layar karena tampilannya terlalu lebar jika ditampilkan di smartphone. Karena templatenya mampu menyesuaikan diri secara otomatis dan juga tampilannya pun lebih rapi dan menarik.

Apa Keuntungan Memakai Template Responsive?

1. Pengunjung akan bisa melihat website kita dengan baik dan sempurna di perangkat mereka masing-masing. Ini berarti mereka akan betah berlama-lama dan mau menavigasi blog kita. Maka tentu saja hal ini akan membuat blog kita naik peringkatnya di mesin pencari sehingga pada akhirnya trafik blog akan meningkat.

Namun jika kita menggunakan desain non responsive, maka hanya pengunjung desktop tertentu saja yang akan membaca blog tersebut, sedangkan pengunjung seluler akan balik kanan. Buat apa membaca website yang tampilannya berantakan. Akhirnya bounce rate blog kita akan tinggi sehingga trafik blog macet, karena mesin pencari akan menganggap website kita tidak bermanfaat bagi pengguna.

2. Jika kita seorang publisher adsense atau ppc lain, maka desain responsive memungkinkan iklan kita tampil dengan sempurna ketika blog tersebut dikunjungi pengguna dengan menggunakan perangkat model apapun. Ini berarti kita tidak kehilangan uang yang berasal dari pengguna seluler yang saat ini jumlahnya mencapai 40% dari total pengunjung blog.

Kekurangan Template Responsive

Untuk membuat sebuah tampilan website atau blog bisa menyesuaikan tampilan di sebuah smartphone tentu dibutuhkan kode-kode tertentu. Dengan begitu maka waktu load sebuah halaman website akan sedikit bertambah.

Apakah Template Responsive Akan Meningkatkan Jumlah Pengunjung?

Menggunakan template responsive sudah menjadi rekomendasi dari google sebagai mesin pencari jika halaman web tersebut ingin mendapatkan posisi terbaik dihasil pencarian google. Jika kita mencari sesuatu di google menggunakan smartphone, maka google akan menampilkan website atau blog yang memiliki tampilan responsive. Dengan demikian maka menggunakan template responsive tentu akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan di sebuah website atau blog.

Namun demikian, peningkatan jumlah kunjungan tersebut karena menggunakan template responsif sangat berkaitan erat dengan seberapa banyak jumlah artikel yang ada di blog kita. Karena selain menyukai tampilan blog yang responsive, pengunjung juga senang dan akan merasa puas jika banyak artikel didalam blog tersebut.