Langkah Awal Menjadi Blogger yang Sukses

Langkah Awal Menjadi Blogger yang Sukses - Menjadi seorang blogger memang mudah kalau diucapkan. Tetapi pada kenyataanya tidak semua blogger itu bisa menjadi seperti apa yang dia inginkan. Terkadang banyak blogger yang gagal sebelum jauh mengarungi dalamnya samudra dunia bloging. Lantas penyebabnya apa? Banyaknya ide-ide dalam benak kita tentunya tidak dapat kita kita wujudkan begitu saja meskipun kedengarannya sangat mudah. Tentu tuidak hanya bermodalkan ide-ide yang ada dalam benak kita untuk dapat menjadi seorang blogger apalagi blogger yang terbilang sukses. Hal-hal seperti perencanaan yang matang, kerja keras, ketekunan serta kepiawaian dalam mengelola sebuah blog itu yang perlu kita miliki.

Artikel kali ini bukannya bermaksud bahwa saya adalah seorang yang blogger yang sudah boleh dibilang sukses. Oh tidakk, tentunya sukses itu bukan hanya dari satu sisi tetapi mencakup banyak aspek. Kali ini saya akan bahas mengenai Langkah Awal Menjadi Blogger yang Sukses. Ok, langsung saja pembahasannya.

Langkah Awal Menjadi Blogger yang Sukses

1.  Pastikkan Anda Mempunyai Tujuan

Ini ibaratnya kita sedang mengarungi lautan, tetapi kalau tidak punya tujuan sudah barang pasti anda akan terombang ambing kerasnya ombak dilautan itu. Tentunya sebelum sebelum mau menjadi seorang blogger pastikan anda sudah mempunyai tujuan, apakah itu untuk menambah penghasilan, share ilmu pengetahuan atau kehidupan, atau hanya ingin coba-coba. Jika anda sudah tahu tujuan anda ingin menjadi seorang blogger maka keinginan untuk mewujudkannya pun sangat mudah tentunya. Mengapa Harus Membuat Blog?

2. Rencanakan Matang-matang


Yah tentunya hal ini sangat penting. Melakukan suatu pekerjaan tanpa ada rencana sama halnya tidak mempunyai tujuan. Tetapi bila kita memulai sebuah pekerjaan dengan penuh perencanaan maka tingkat keberhasilannya tinggi. Adapun rencana yang dapat kita lakukan adalah:
  • Menentukan Tema Blog
    Dalam menentukan sebuah tema blog bagusnya kalau tema itu sesuai dengan keahlian kita. Tetapi jika kita memilih sebuah tema blog tetapi kurang ahli didalamnya maka kita perlu memperluas pengetahuan dari berbagai sumber untuk dapat mengembangkan tema blog tersebut. Belajar dan terus belajar untuk dapat meningkatkan kemampuan kita.
  • Anda Harus Dapat Menentukan Target
    Target dalam hal ini bukanlah dalam bentuk Rp atau $ tetapi visitor yang ingin berkunjung keblog kita, apakah mereka pembeli atau hanya pencari informasi. Hal ini sangat perlu karena menjunjung keberhasilan kita dalam memanajemen sebuah blog. Sebagai contoh jika tujuan kita membuat blog untuk memasarkan barang dagangan trus pengunjung datang ke blog kita hanya untuk cari informasi itukan lucu, dan sudah barang tentu barang dagangan kita tidak laku-laku (kayak lagu yahh, ku tak laku-laku, hhehehehe).
  • Membuat blog
    Tentunya kalau mau menjadi seorang blogger yang sukses yah harus punya blog dongk, hehehhe. Kita boleh memilih yang berbayar atau yang gratisan. Tetapi akan lebih baik juga kalau kita gunakah keduanya. Dimana blog yang gratisan kita gunakan sebagai dummy blog dan blog yang berbayar kita jadikan blog utama tempat menjual produk-produk kita.
  • Menulis Konten Blog
    Yah ini perlu, kalau bukan dengan tulisan mau diisi apa blog kita, hehehehehe. Setelah kita tetapkan dua point diatas langkah selanjutnya yah tentunya membuat postingan yang sesuai dengannya. Usahakan konten yang original dan bermanfaat bagi orang banyak yang sedang mencari referensi. Untuk blog yang bergerak dibidang bisnis online usahakan konten tersebut mengarahkan pengunjung pada barang dagangan yang sedang kita tawarkan. Buatlah konten semenarik mungkin tapi jangan terlalu mencolok bahwa anda sedang menawarkan sebuah produk.
  • Promosi Blog
    Setelah membuat blog dan menulis konten yah tentunya kita perlu promosi. Promosi dapat kita lakukan dengan promosi yang berbayar maupun yang gratisan. Yang berbayar misalkan kita dapat memasang iklan untuk blog kita dan yang gratisan simple saja kita bisa lakukan dengan blogwalking.

3. Kerja

Setelah kita melakukan hal-hal diatas yang kita akan lakukan lagi adalah bekerja keras dalam membangun blog kita. Tidak perlu menunda waktu kerjakanlah hal-hal yang telah kita rumuskan diatas.

4. Fokus


Kalau saya pribadi hal ini saya rasa berat. Karena kesibukan kerjaan lain yang untuk kehidupan sehari-hari membuat point yang ini bisa terbengkalai. Tetapi yakinlah kalau anda sudah melakukan point nomor satu diatas insya Allah point yang ini tidak sulit.

Semoga dengan menerapkan postingan diatas kita bisa menjadi blogger yang sukses.  Jangan sampai kita termasuk orang yang menyia-nyiakan waktu dengan duduk didepan layar kaca tanpa ada tujuan apa-apa. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam admin....