Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya - Tanpa kita sadari kuota internet bisa cepat habis padahal kita tidak browsing. Di Indonesia saja pengguna smartphone sudah sampai dipelosok-pelosok bahkan didaerah yang susah koneksi internet sekalipun. Ada berbagai merek smartphone dengan berbagai sistem operasi, yang terkenal misalnya Android atau iOS. Berbagai provider telepon seluler menawarkan akses internet yang cepat dan murah melalui paket kuota berbasis data atau berbasis waktu. Paket internet biasanya cukup terjangkau dan berlaku untuk periode tertentu, misalnya paket 5 GB data per bulan biasanya sekitar Rp 100.000,- saja.


Data Usage

Namun terkadang ada keluhan dari para pengguna smartphone yang berpendapat bahwa pulsa mereka cepat habis karena menggunakan berbagai aplikasi smartphone yang sangat mengandalkan koneksi internet. Jika Anda tidak membeli paket internet, maka pulsa smartphone anda akan terus tersedot, bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi atau mengakses internet, karena sebagian besar aplikasi ini dan bahkan sistem operasi smartphone anda harus selalu menggunakan akses internet untuk update dan synchronization. Anda juga harus memastikan kuota internet yang Anda beli memadai untuk menghindari pulsa tersedot ketika kuota internet Anda habis. Anda dapat mengatasi ini dengan mengatur batas data smartphone Anda dan menghemat penggunaan paket data Anda.

Jika kuota internetmu cepat habis, kemungkinan disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Streaming dan Menggunggah Video

Mengunggah video misalnya melalui Youtube menggunakan kuota internet yang banyak, apalagi jika pengaturan resolusi video Anda berkualitas tinggi, misalnya untuk mengunggah video beresolusi high-definition (HD) dapat menghabiskan sekitar 200 - 500 MB data per menit. Sebaiknya anda menggunakan Wifi jika ingin mengunggah video.

Menonton video online atau Streaming video juga semakin sering dilakukan para pengguna smartphone, misalnya untuk melihat trailer dan teaser film bioskop terbaru atau bahkan menonton film utuh, misalnya melalui YouTube, iTunes, dan Vimeo. Streaming video sangat menyita kuota internet Anda, biasanya sekitar 50 MB data per menit. Apabila Anda hobi menonton video atau film, ada baiknya Anda mengunduhnya secara legal.

2. Streaming Music

Selain streaming video dan film, para pengguna smartphone juga senang melakukan streaming musik favorit mereka, misalnya melalui Guvera Music atau Rdio Music. Mendengarkan musik seperti ini sangat praktis dan cepat. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet. Anda juga tidak perlu menyediakan ruang di dalam kartu memori smartphone Anda untuk menyimpan ratusan file musik. Meskipun demikian, streaming musik juga sangat boros kuota internet. Misalnya, apabila Anda mendengarkan lagu beresolusi 320 Kbps, itu akan menghabiskan sekitar 2,4 MB data per menit. Apabila anda streaming musik selama satu jam, maka Anda akan menghabiskan 115 MB kuota internet Anda.

3. Obrolan Video

Melakukan obrolan video via Skype atau FaceTime tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan. Obrolan melalui video, umumnya, mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Jika Anda berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi obrolan menggunakan video.

4. Game Online

Game online tentu sangat digemari oleh para pengguna smartphone, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun aplikasi game online ini cukup cepat menghabiskan kuota internet apabila dipakai tanpa kontrol. Agar game online bisa tetap Anda gunakan tanpa boros layanan data, sebaiknya atur batas maksimal penggunaan layanan data dengan mengelompokan dan berikan kuota 1 MB sampai 10 MB ketika sedang bermain, hal ini bisa menghemat waktu dan jebolnya kuota.

Ada banyak penyebab lain kuota internet cepat habis, misalnya mengunduh lagu, mengunggah foto, dan menggunakan aplikasi jejaring sosial setiap saat. Semoga setelah Anda mengetahui berbagai penyebab ini, Anda akan semakin bijaksana dalam menggunakan kuota internet smartphone Anda.