Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Umum

Perbedaan HTTP dan HTTPS sangat jelas sekali terlihat di address bar. Perbedaan HTTP dan HTTPS secara umum akan terlihat jika HTTPS menampilkan icon gembok hijau di address bar browser anda. Pengguaan HTTPS tentu akan meningkatkan kredibilitas situs anda dimata pengunjung dan mesin pencari tentunya. Apalagi saat ini telah ada pernyataan langsung dari google bahwa google lebih prioritas menampilkan situs yang menggunakan HTTPS pada hasil pencariannya.
Untuk mengatahui apa perbedaan HTTP dan HTTPS secara umum, berikut ini akan saya ulas mengenai pengertian HTTP dan HTTPS.

Pengertian HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Munurut Wikipedia.org adalah sebuah protokol jaringan yang sifatnya didistribusikan secara kolaboratif, yang merupakan dasar dari komunikasi data untuk sebuah www atau world wide web. HTTP sendiri dalam bekerja menggunakan protocol yang populer digunakan dalam dunia internet, yaitu protocol TCP/IP .

Secara umum, HTTP juga merupakan sebuah protocol jaringan aplikasi (yang pada protocol OSI layer kita kenal dengan istilah Application Layer). Yang digunakan untuk sebuah sistem informasi terdistribusi, yang kolaboratif dengan menggunakan bantuan hypermedia.

Dapat disimpulkan bahwa HTTP sendiri merupakan sebuah protocol yang dapat menghubungkan antara klien (yang dalam hal ini adalah sebuah web browser) terhadap server dari situs yang akan di request pada saat itu. Jadi,d engan adanya HTTP, user yang bekerja pada sebuah browser akan bisa memperoleh link atau tautan langsung dari situs yang sudah tersedia.

Meskipun populer dengan penggunaan TCP/IP, HTTP sendiri pada dasarnya tidak hanya berfokus pada penggunaan protocol TCP/IP. Namun demikian, dalam aplikasinya, HTTP sendiri sebenarnya membutuhkan suatu protocol aplikasi yang merupakan sebuah protocol lapisan transport atau transport layer yang bisa mendukung kebutuhan HTTP ini dalam bekerja.

Cara kerja HTTP

Cara kerja HTTP sendiri pada dasarnya cukup sederhana. Ketika user ingin masuk ke dalam sebuah situs melalui client internet server, seperti web browser, maka HTTP pun mulai bekerja. HTTP akan mengkoneksikan client (proses request) dengan menghubungkannya denan WWW dan juga sumber daya yang kita kenal dengan nama URL atau Uniform Resources Locator.

Dengan demikian, HTTp akan mask ke dalam lapisan protocol menggunakan TCP/IP (yang banyak digunakan secara umum dalam koneksi internet), untuk kemudian menyajikan kembali data yang sudah diperoleh ke dalam internet client yang digunakan (web browser).

Dengan demikian, user pun bisa menikmati situs-situs internet yang sudah mereka request dengan menggunakan layer aplikasi HTTP ini, karena dengna menggunakan protocol aplikasi HTTP ini, user dapat berfungsi sebagai perequest dan juga penerima dari ebuah situs internet.

HTTP juga menggunakan istilah yang dikenal dengan nama session pada HTTP. Session atau sesi pada HTTP ini merupakan sebuah urutan dari transaksi permintaan yang dilakukan oleh user terhadap jaringan dengan menggunakan protocol HTTP. Dalam satu sesi ini, terjadi bberapa proses utama, yang dimulai dari :

Klien (web browser dan juga user) meminta atau merequest permintaan dalam sebuah situs web. Kemudian, dengan menggunakan HTTP, klien akan membuka koneksi terhadap TCP ke dalam port yang terdapat sebuah host. (pada umumnya, port yang digunakan dalam melakukan koneksi ini adalah port 80 atau port 8080).

Setelah masuk ke dalam port 80 atau port 8080, maka server akan menerima reuest tersebut, dan akan mendengarkan permintaan dari klien. Setelah permintaan klien berhasil didengar, server kemudian akan memberikan respon sesuai dengan kondisi status yang dihadapi, seperti OK, pesan kesalahan, serta berbagai macam informasi lainnya

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation.

HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server.

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.

Nah dalam mengelola website, ada baiknya kalau kita menggunakan protokol HTTPS karena memiliki banyak kelebihan. Terlebih lagi Google sangat memprioritaskan perengkingan hasil pencarian jika menggunakan HTTPS.