Persiapan Wanita Sebelum Hamil

Persiapan Wanita Sebelum Hamil - Sedang mencoba hamil? Jangan asal mencoba, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menyambut kehamilan yang diidam-idamkan. Mempersiapkan kesehatan diri penting untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan janin yang sehat.

Wanita hamil


Mulai dari mengunjungi dokter kandungan hingga mengonsumsi vitamin, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan diri sebelum hamil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan kehamilan, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Periksakan diri ke dokter

sebelum berusaha hamil, lebih baik periksakan diri ke dokter dan berkonsultasilah mengenai kesehatan Anda. Apakah Anda cukup sehat untuk hamil atau ada yang harus Anda lakukan. Jika Anda merasa ragu dengan tingkat kesuburan, Anda juga bisa memeriksakan diri. Dengan memeriksakan diri, Anda bisa mengetahui obat apa yang sebaiknya tak diminum yang berkaitan dengan kesehatan Anda.

2. Tablet asam folat

Mengonsumsi asam folat bisa menurunkan risiko kelainan pada bayi yang dikandung. Sangat baik jika Anda mendapatkan asam folat dari makanan alami. Namun jika tidak, Anda bisa mengonsumsi pil asam folat setidaknya satu bulan dalam masa kehamilan. Vitamin A juga penting untuk tubuh sebelum hamil. Jadi penuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda sebelum masa kehamilan.

3. Hilangkan kebiasaan buruk

Ini adalah saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minum, dan mengonsumsi obat-obatan. Kebiasaan buruk yang tak sehat itu bisa menyebabkan masalah pada bayi yang dikandung termasuk menyebabkan keguguran, kelainan pada bayi, atau kelahiran prematur.

4. Melakukan diet sehat

Ingat, ketika Anda hamil, janin dalam rahim juga mengonsumsi nutrisi yang Anda konsumsi. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi untuk kesehatan kehamilan Anda. Konsumsi sayuran segar, gandum utuh, hingga makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan yogurt. Konsumsi juga protein seperti yang terkandung dalam daging, kacang, dan makanan sehat lainnya.

5. Bergerak aktif

Anda butuh memiliki tubuh yang sehat sebelum hamil. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga sekitar 30 menit seperti berjalan, bersepeda, berenang, dan lainnya. Selain untuk kebugaran, hal ini juga baik untuk meredakan stres dan memberikan ketenangan pada tubuh.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan wanita untuk mempersiapkan diri mereka sebelum masa kehamilan. Cara di atas bisa membantu Anda tetap bugar dan mendapatkan kehamilan yang sehat.