Teknik SEO 2019: Pastikan Blogmu Mobile Friendly

Sejak tahun lalu, Google telah memperbarui algoritmanya tentang bagaimana kriteria sebuah website yang harus prioritaskan untuk tampil dihalaman depan pencarian google. Inti dari algoritma tersebut yaitu google cenderung memprioritaskan website yang “Mobile Friendly” daripada website yang tidak mobile friendly.


Di tahun 2018 ini, Google nampaknya masih menggunakan algoritma tersebut untuk menampilkan sebuah website di hasil pencariannya. Lihat saja banyak sekali blog yang tidak mobile friendly yang dulunya bertengger dihalaman depan kini harus berada dihalaman belakang hasil pencarian google. Hal tersebut nampak jelas bahwa ditahun 2019 nanti algoritma Mobile Friendly masih menjadi prioritas utama.


Mobile Friendly

Kita sebagai seorang blogger, tentunya sudah harus tau apa yang harus dilakukan untuk menghadapi algoritma tersebut. Tentunya juga kita tidak ingin blog kita hilang dari halaman hasil pencarian google hanya karena masalah yang sebenarnya bisa diatasi. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah modifikasi tampilan blog agar sesuai dengan algoritma google yaitu Mobile Friendly.

Bagi para webmaster, pasti hal ini sudah diatasi dari jauh sebelum algoritma tersebut diterapkan google tetapi bagi para newbie tetntunya ini hal yang baru bahkan boleh dibilang rumit. Kadang kita akan bertanya:

1. Apa itu blog Mobily Friendly?
2. Bagaimana cara mengetahui kalau blog kita sudah Mobile Friendly?

Nah berikut jawabannya.

Website Mobile-Friendly

Sebuah website dinyatakan mobile-friendly jika situs itu ditampilkan dengan baik dan tepat di browser hanheld, seperti handphone, smartphone, tablet, phablet, dsb.
Situs tersebut juga harus memiliki fitur sebagai berikut:
  • Ditampilkan dengan cepat – situs yang berat bikin orang males buat buka.
  • Gampang dibaca – layar hanheld lebih kecil daripada layar desktop.
  • Mudah untuk dinavigasikan – Ga harus kebanyakan mencet sana-sini.
  • Minimal-Scrolling – Bukan hanya secara vertikal tapi juga secara horizintal.
  • Hindari penggunaan Flash – Beberapa browser atau handheld tidak mendukung Flash (contoh: iPhone).

Cara Mengetahui  kalau blog kita sudah Mobile Friendly
Untuk mengetahuinya, anda bisa mengunjungi halaman Google Mobile Friendly Test. Silahkan masukkan URL blog anda disana dan lihatlah hasilnya apakah mobile atau tidak.

Jika hasilnya seperti diatas berati anda sudah memenuhi algortma google mobile friendly. Tetapi jika tidak, maka pastikan anda segera merubah tampilan halaman blog anda agar mobile friendly. Anda bisa mencari tempale blog yang mobile friendly dan segera menggunakannya.