Tips Merawat Layar Sentuh Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

 untuk mengoperasikan smartphone kesayangannya. Produk-produk smartphone yang saat ini sedang bersaing menguasai pasar gadget semakin menunjukkan teknologi terbarunya melalui layar sentuh yang semakin canggih dan tangguh. Misalnya saja, Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan fitur Super AMOLED Capacitive Touchscreen. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi pada dunia gadget memang sangat cepat dan meningkat.  dari jenis smartphone saja sudah terdapat banyak sekali desain-desain yang bagus, menarik, unik dan pastinya terlihat begitu mahal dan elegan.

Layar Sentuh

Smartphone dengan layar sentuh saat ini masih memiliki harga lumayan tinggi jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone dengan keypad qwerty. Kisaran harganya antara 1 juta sampai 13 juta rupiah seperti smartphone iPhone 6s yang hadir dengan teknologi layar Retina HD dengan resolusi yang sangat tinggi. Malah ada beberapa produsen yang membandrol smartphone layar sentuhnya dengan harga yang tinggi sekali dikarenakan ia memiliki fasilitas, desain dan perangkatnya didukung dengan teknologi-teknologi yang benar-benar mumpuni yang pastinya tidak akan mengecewakan para penggunanya.

Melihat fenomena diatas, anda tentunya harus melakukan perawatan yang ekstra hati-hati dan teratur pada smartphone anda yang memiliki fitur layar sentuh. Jika anda menyadari pentingnya merawat layar sentuh smartphone bisa dipastikan layar sentuh smartphone anda akan awet dan tahan lama. Nah berikut ini tips untuk merawat layar sentuh smartphone anda agar awet dan bisa bertahan lama.

1. Jika bawaan smartphone atau tablet memiliki alat untuk menyentuh layar seperti Galaxy Note 3 lebih baik menggunakan alat tersebut dari pada menggunakan jari .

2. Hindari memasukkan smartphone kontak dengan peralatan listrik lainnya. Banyak orang yang berpikir bahwa magnet akan merusak ponsel , itu tidak benar. Magnet hanya akan mengacaukan sensor magnetik yang digunakan untuk aplikasi kompas.

3. Buang elektrostatik, maksudnya adalah gelombang listrik yang terdapat pada perangkat listrik yang saling terhubung, jika itu terjadi akan menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi. Hal ini dapat terjadi ketika smartphone ditempatkan dekat objek yang terisolasi ke tanah yang menghantarkan listrik.

4. Jangan melakukan tekanan yang berlebihan terhadap layar smartphone .

5. Jangan meninggalkan smartphone dalam keadaan layar menyala dalam waktu yang lama , aturlah kunci layar untuk mematikan setelah waktu tertentu dalam pengaturan smartphone atau tablet bagian bawah .

6. Lindungi layar smartphone dengan menggunakan pelindung yang banyak di jual di konter-konter handphone

7. Hindari paparan sinar matahari langsung .

8. Saat membersihkan layar, gunakan kain microfiber, yang sangat ideal untuk layar sentuh . Hati-hati jika menggunakan kain lembab. Jika ingin menggunakan air, pastikan bahwa air nya adalah air yang telah di saring seperti air minum mineral , karena air dari kran biasanya sering membawa kalsium dan jenis-jenis mineral. Jangan terlalu over dalam menggosok. Biarkan ponsel kering jika ada air yang tersisa sehingga Anda tidak sengaja mendorong cairan apapun ke dalam perangkat keras dalam telepon.