Apa Itu Wordpress? Cari Tau Sejarah Lengkap Wordpress

Apa itu WordPress? Banyak yang sering bertanya apa itu Wordpress? Mungkin masih ada dari kamu yang masih sama sekali belum tahu apa itu WordPress? Pertama kali saya membaca artikel tentang blogging saya juga memiliki pertanyaan yang sama tentang wordpress.

Apa Itu Wordpress? Cari Tau Sejarah Lengkap Wordpress

Wordpress menurut Wikipedia

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Baca: Membuat Halaman Kontak Form di Wordpress

Sejarah WordPress?

Matthew Charles “Matt” Mullenweg adalah seorang pengusaha media online yang lahir pada 11 Januari 1984 berasal dari Amerika, dia merupakan web developer dan musisi yang tinggal di San Francisco, California. Matt terkenal karena mengembangkan software web yang sangat terkenal yaitu wordpress, sekarang dikelola oleh WordPress Foundation. Blog pribadinya adalah ma.tt.

Setelah putus kuliah dan bekerja di CNET Networks 2004-2005, Mullenweg keluar dari pekerjaan itu dan mendirikan Automattic, bisnis di balik WordPress.com (yang menyediakan blog WordPress gratis dan layanan lainnya), Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, PollDaddy, dan masih banyak lagi. Dan saat ini Matt Mullenweg adalah CEO dari Automatic.

Apa Bedanya WordPress.com dan WordPress.org?

Awalnya saya juga bingung tentang perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org. Meski dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yaitu Automattic dan namanya pun terkesan sama, WordPress.com dan WordPress.org adalah situs yang berbeda, menawarkan layanan yang berbeda dan diperuntukkan pula bagi orang yang relatif berbeda.

WordPress.com adalah sebuah layanan dimana Anda dapat membuat blog sendiri secara gratis. Di WordPress.com, anda dapat memperoleh sub domain sendiri sesuai selera, Anda juga nantinya mendapatkan jatah ruang penyimpanan sendiri namun dengan fitur yang dibatasi. Untuk memperoleh fitur-fitur lengkapnya, Anda harus melakukan upgrade terlebih dahulu.

Tetapi bagi Anda yang ingin memiliki blog tanpa mau direpotkan dengan hal-hal teknis, WordPress.com adalah tempat terbaik. Anda nanti bisa memperoleh domain sendiri dengan membayar biaya tertentu yang ditagih setahun sekali atau sesuai keinginan Anda.

Lalu apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan layanan yang diperuntukkan bagi para pengembang dan kalangan lain yang ingin membangun blog secara mandiri.

Di dalamnya pengguna dapat mengunduh seluruh berkas mesin WordPress untuk dipasang ke blog mereka, dengan domain dan server sendiri. Berikutnya berkas tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk portal berita, jualan jasa, toko online, forum, portal iklan dan lain sebagainya. Inilah kelebihan WordPress.org, dimana pengguna bisa melakukan kustomisasi mulai dari tema, plugin bahkan CMS sesuai keinginan pengguna.

Di WordPress.org, pengguna juga dapat menemukan ribuan plugin dan tema yang bisa ditambahkan ke blog yang sudah terpasang script WordPress tadi tanpa batas. Sementara bagi pengembang, di sana mereka dapat menawarkan plugin dan tema hasil karya mereka untuk dipergunakan secara gratis oleh pengguna WordPress lainnya. Di situs inilah pengembang dan pengguna dapat berinteraksi melalui portal forum yang disediakan.

Banyak pengembang plugin dan tema yang memanfaatkan WordPress.org sebagai media memasarkan karya mereka. Biasanya pengembang menawarkan versi mini secara gratis dengan opsi melakukan upgrade ke versi penuh. Tentunya dengan imbalan yang beragam.

Nah itulah sedikit mengenai sejarah wordpress. Semoga bermanfaat.