Cara Backup Database MySQL Wordpress Melalui SSH

Backup Database MySQL adalah salah satu cara mengamankan wordpress. Backup Database MySQL juga adalah hal yang wajib dilakukan jika anda ingin pindah hosting ke penyedia lainnya. Database MySQL adalah kumpulan data terstruktur dan terorganisir yang dibuat melalui wordpress. Database MySQL ibarat lemari arsip tempat anda menyimpan data di berbagai bagian yang disebut tabel. Ketika Anda membutuhkan file tertentu Anda melihat ke bagian tertentu (tabel) dan mendapatkan file (data) yang Anda butuhkan.


WordPress menggunakan MySQL sebagai sistem manajemen basis datanya. MySQL adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat database, menyimpan dan mendapatkan data saat diminta. MySQL juga merupakan perangkat lunak open source, seperti WordPress dan bekerja paling baik dengan perangkat lunak open source populer lainnya, seperti server web Apache, PHP, dan sistem operasi Linux.

Ketika anda menginstal wordpress, anda memerlukan database MySQL. Biasanya semuanya penyedia hosting selalu menawarkannya termasuk dalam paket mereka. Selama proses instalasi, anda harus menentukan nama untuk database anda.

Jika anda menggunakan VPS dalam membangun wordpress, maka untuk melakukan backup file database bisa dilakukan dengan mudah melalui SSH dengan menggunakan aplikasi Putty. Sebenarnya banyak cara untuk melakukan backup database MySQL ini, bisa langsung dilakukan melalui phpmyadmin, bisa juga dilakukan degan menggunakan plugin wordpress seperti plugin DB backup.

Tanpa perlu panjang lebar, artikel kali ini membahas tentang bagaimana cara backup database MySQL wordpress anda melalui SSH. Tetapi sebelumnya pastika anda sudah menggunakan aplikasi putty untuk mengakses server anda.

Cara Backup Database MySQL Dengan Command Line SSH

1. Dengan menggunakan putyy, login ke ssh anda dengan root
2. Ketik perintah: cd /var/lib/mysql lalu tekan enter.
3. Ketik dir atau ls lalu tekan enter untuk melihat folder database yang akan anda export.
4. Setelah menemukan nama database yang ingin anda export, jalankan perintah berikut ini, kemudian enter.

mysqldump -u username -p database_name > dbname.sql

Ket:
Username: tuliskan dengan username database anda
database_name: ganti dengan database name sql anda
dbname: ganti dengan nama file hasil backup anda nantinya, misalnya backup.sql

5. Anda akan diminta password database dari username database-nya, isikan password-nya dan enter.
Proses backup akan berlangsung di background tanpa ada pemberitahuan melalui aplikasi putty.
6. Ketik ls lalu tekan enter lagi, untuk melihat file backup.sql database hasil export tadi, jika sudah ada lanjutkan dengan perintah berikut.
7. Ketik chmod 0777 backup.sql lalu tekan enter, untuk merubah file permission.
8. Ketik cp backup.sql /home/username/public_html/backup.sql lalu tekan enter, untuk menyalin file tersebut ke folder public_html anda.

Sekarang download database anda dengan cara ketik di browser namadomain.com/backup.sql

Jika sudah selesai, jangan lupa hapus backup.sql yang berada di folder public_html melalui SSH degan perintah command: rm -rf /home/username/public_html/dbname.sql lalu tekan enter.

Itulah cara backup database MySQL wordpress melalui SSH. Bagaimana menurut anda, mudah kan? Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkannya dikolom komentar.