Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan Hasil Penelusuran Google

Cuplikan unggulan hasil penelusuran google atau Featured Snippets adalah hasil pencarian kata kunci pada penulusuran Google yang berada pada urutan teratas dalam bentuk blok dan merupakan ringkasan jawaban yang paling relevan yang diambil dari sebuah halaman website. Cuplikan unggulan hasil penelusuran google atau featured snippets sudah kita temuan dihasil penelusuran google sejak tahun 2016. Cuplikan unggulan biasanya muncul dari kata kunci yang mengandung pertanyaan, penjelasan, pengertian, cara untuk (how to).



Cuplikan unggulan hasil penelusuran google atau featured snippets ini memang tidak selalunya muncul pada semua kata kunci. Merujuk pada halaman support.google.com, google telah menjelaskan bahwa:
Ringkasan tersebut adalah cuplikan yang diekstrak secara terprogram dari apa yang dilihat pengunjung di halaman web. Yang berbeda pada cuplikan unggulan adalah cuplikan unggulan disempurnakan untuk menarik perhatian pengguna di halaman hasil. Ketika menyadari ada kueri yang mengajukan pertanyaan, kami secara terprogram mendeteksi laman yang menjawab pertanyaan pengguna tersebut dan menampilkan hasil teratas sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran.

Jika anda masih penasaran seperti apa cuplikan unggulan hasil penelusuran google itu, berikut screenshotnya dari salah satu kata kunci blog ini.

Saya juga tidak menyangka bahwa artikel tersebut bisa mendapat kan cuplikan unggulan hasil penelusuran google. Padahal sepengetahuan saya, yang selalu mendapatkan cuplikan unggulan google adalah situs wikipedia saja.

Fakta Unik Cuplikan Unggulan Hasil Penelusuran Google

Sebelum kita mengulas lebih lanjut, berikut ini ada 4 fakta yang bisa kita temukan pada cuplikan unggulan hasil penelusran google.
  • Cuplikan unggulan juga dikenal sebagai kotak jawaban.
  • Cuplikan unggulan sering disebut sebagai Posisi 0, karena cuplikan muncul di atas hasil penelusuran organik pertama.
  • Pencarian suara dan cuplikan fitur terkait erat; tanpa kecuali, penelusuran suara mengambil jawaban dari kotak cuplikan unggulan.
  • Artikel yang berada pada 10 besar hasil pencarian google adalah artikel yang berpeluang besar mendapat cuplikan unggulan hasil penelusuran

Bagaimana Cara Kerja Cuplikan Unggulan Hasil Penelusuran Google

Seperti yang telah saya jelaskan tadi bahwacuplikan unggulan hasil penelusuran google muncul dari kata kunci yang berupa pertanyaan, penjelasan, dll. Google akan mendeteksi halaman yang terdapat jawaban dari kata kunci tersebut dengan menampilkan cuplikan hasil penelusuran.

Baca: Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Situs web yang mendapat cuplikan unggulan hasil penelusuran google ini tidak selalunya berasal dari situs yang mendapat renagkin pertama dari hasil penelusuran. Hal tersebut bisa dibuktikan pada salah satu cuplikan unggulan diatas, kata kunci "Film Bioskop Seru 2019" hanya berada pada urutan ke lima di hasil penelusuran.

Dari hasil tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa peringkat anda pada kata kunci tertentu bukan menjadi penentu gogole dalam menampilkan cuplikan hasil penelusuran. Tanpa kita sadari, ada kompetisi tersembunyi disini, itulah mengapa google tidak mengambil cuplikan hasil penelusuran situs yang berada di rangking pertama.

Jenis-Jenis Cuplikan Unggulan Hasil Penelusuran Google

Jika kita kembali mereview, ada beberapa jenis cuplikan unggulan yang selalu ditampikan google, yaitu:
  1. Paragraf (jawaban diberikan dalam teks). Ini bisa berupa kotak dengan teks di dalam atau kotak dengan teks dan gambar di dalamnya.
  2. Daftar (jawaban diberikan dalam bentuk daftar
  3. Tabel (jawaban diberikan dalam tabel)
Menurut situs Gestats bahwa cuplikan unggulan hasil penelusuran google yang paling polpuler adalah jenis paragraf. Cuplikan hasil penelusuran google akan selalu menampilkan cuplikan unggulan dari salah satu situs yang berada pada peringkat 10 besar.

Baca: Cara Menurunkan Angka Bounce Rate Dengan Cepat

Jadi jika artikel anda sudah berada di 10 besar hasil pencarian maka kesempatan untuk mendapat cuplikan unggulan hasil penelusuran google sangat besar. Hal ini tidak terlepas dari strategi SEO untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian.

Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan Hasil Penelusuran Google

Google telah menelaskan bahwa sebagai pemilik situs, anda tidak bisa menentukan artikel tersebut akan muncul sebagai cuplikan unggulan hasil penelusuran google.
Google secara terprogram akan menentukan apakah suatu laman berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

Namun hal yang tidak disadari, ada beberapa point penting yang perlu diterapkan agar cuplikan unggulan hasil penelusuran  google bisa menampilkan artikel anda.

1. Buat konten khusus untuk menjawab pertanyaan. Berikan jawaban yang mendalam

Untuk mendapatkan cuplikan unggulan hasil penelusuran google, buatlah artikel yang bersifat informasi. Artikel tersebut harus bisa menjawab pertanyaan. Singkatnya, jika konten Anda tidak menjawab pertanyaan, itu tidak akan masuk ke cuplikan unggulan.

Baca: Meningkatkan SEO Wordpress dengan Optimasi Robots.txt

Algoritma google saat ini selalu mencari situs yang jumlahnya tak terhitung untuk menemukan konten yang paling tepat menjawab pertanyaan pengguna. Ketika robot google menemukannya, konten tersebut akan ditampilkan bentuk cuplikan unggulan, yang memudahkan orang untuk mencari informasi yang mereka cari.

2. Cari tau pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna

Sebuah artikel yang pernah ditulis oleh Eric Enge di laman stonetemple.com menjabarkan bahwa 19% pencarian menggunakan hasil pertanyaan dalam cuplikan unggulan di SERP pertama. Biasanya, pertanyaan-pertanyaan ini termasuk dalam kategori berikut:
  • Cara membuat
  • Bagaimana caranya
  • Apa yang
Cuplikan unggulan hasil penelusuran google

Dengan mengetahui jenis pertanyaan yang paling sering dituliskan dalam kotak penelusuran maka kini saatnya untuk memikirkan bagaimana penerapannya bagi pengguna dan yang lebih penting lagi, bagaimana agar anda dapat menyesuaikan konten yang sesuai dengan format pertanyaan tersebut.

3. Buatlah artikel yang berkualitas

Cuplikan unggulan hasil penelusuran google selalu menampilkan artikel yang berkualitas yang bisa menjawab pertanyaan dari sebuah kata kunci. Jadi, untuk mendapatkan kesempatan itu jangan pernah abaikan kualitas dalam membuat konten.

Baca: Cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress dan Blogger

Konten yang berkualitas tentu akan menjadi alasan google untuk menampilkan artkel anda di 10 besar hasil penelusuran. Jika demikian, maka peluang untuk mendapat cuplikan unggulan sangat besar.

4. Gunakan Numbered List dan Bullet List

Cuplikan unggulan dalam bentuk list adalah cuplikan unggulan yang paling sering ditampilkan google setelah cuplikan unggulan paragraf. Untuk itu, jangan mengabaikan penggunaan Numbered List dan Bullet List dalam menulis konten.

Penggunaan list dalam artikel akan membantu google dalam menemukan konten yang sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Baca: Cara Cepat Mendapatkan Google Sitelink Untuk Blogspot

Itulah ulasan singkat tentang cuplikan unggulan hasil penelusuran google. Buatlah artikel sebaik mungkin dengan selalu memperhatikan algoritma google. Sangat disayangkan jika dari beberapa artikel anda tidak satupun yang mendapat cuplikan unggulan ini. Karena cuplikan unggulan akan meningkatkan lalu lintas organik situs anda.