Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blogger

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blogger

Fitur HTTPS kini sudah support dengan blogger. Untuk menggunakan fitur HTTPS ini caranya sangat mudah. Blogger memudahkan penggunanya untuk menggunakan fitur HTTPS ini langsung melalui dashboard blogger. Artikel kali ini akan mengulas tentang cara mengaktifkan atau menggunakan HTTPS di blogger. Jika anda ingin menggunakan fitur ini, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya pada artikel ini.

Membahas tentang HTTPS, dulu jika anda menggunakan blogger dalam membangun sebuah situs maka anda tidak dapat menggunakan fitur ini. Fitur HTTPS hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan platform wordpress. Hal ini tentunya membuat para pengguna blogger merasa iri pada pengguna wordpress, mengingat fungsi dari https itu sendiri sangatlah penting.

 Baca: Kelebihan Menggunakan Blogspot Dalam Membuat Blog

Sekitar tahun 2015, fitur HTPPS hadir untuk pengguna blogger, hanya saja kehadiran fitur HTTPS hanya diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan blogger gratisan. Hal ini membuat pertanyaan dikalangan para pengguna blogger mengapa fitur tersebut hanya tersedia pada blogger gratisan.

Nah sekitar tahun 2017, fitur HTTPS kini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna blogger baik itu yang gratisan maupun para pengguna blogger yang menggunakan custom domain. Sejak saat itu, pengguna blogger merasa semakin mantap membangun situsnya dengan menggunakan HTTPS.

Menggunakan fitur HTTPS di blogger sangat penting, mengingat algoritma saat ini google akan selalu memprioritaskan situs yang menggunakan https untuk tampil dihalaman depan pencarian google. Selain itu, keamanan pengguna sangat penting untuk ditingkatkan dengan menggunakan https.

Baca: Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Umum

Oke tanpa perlu panjang lebar lagi, untuk mengaktifkan HTTPS di blogger, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blogger


  1. Login ke Blogger.com
  2. Pilih Setelan > Dasar
  3. Pada bagian setelan dasar inilah anda bisa mengaktifkan HTTPS untuk blogger. Lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blogger


Keterangan:
- Pada bagian ketersediaan HTTPS, pilih Ya.
- Pada bagian Pengalihan HTTPS, pilih Ya.

Sangat mudah untuk mengaktifkan fitur HTTPS di blogger. Dengan mengaktifkan fitur ini maka situs anda akan semakin terpercaya dimata pengguna dan juga search engine. Semoga bermanfaat.