Cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress dan Blogger

Kode google analytics harus dipasang di bloger dan wordpress agar kode google analytics bisa bekerja dengan maksimal. Dengan memasang kode tersebut maka google analytics bisa melakukan tracking untuk mendapatkan laporan statistik dari blog anda dengan akurat.Cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress dan Blogger

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa Google Analytics merupakan alat milik google yang sangat canggih untuk mengetahui statistik sebuah situs. Google Analytics ini punya kemampuan menelusuri data pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, yang datang dari berbagai sumber, termasuk dari mesin pencari milik Google sendiri hingga mesin pencari lain.

Menggunakan google analytics adalah pilihan tepat untuk membuat bisnis anda lebih tepat sasaran. Bayangkan saja dengan googel analytics adna bisa mengetahui semua dan siapa saja yang mengunjungi situs anda. Tentu tools ini bisa anda manfaatkan untuk menganalisa strategi SEO yang anda terapkan.

Baca: Cara Daftar Google Analytics Dengan Mudah Hanya 2 Menit

Cara pasang kode google analytics sebenarnya tidak sudah baik itu pengguna wordpress atau pengguna blogger (blogspot). Untuk memasang kode google analytics ini, anda perlu mengetahui dimana tempat yang tepat untuk meletakkan kode tersebut.

Tetapi sebelum itu, pastikan anda sudah memiliki akun google analytics. Artikel Cara Daftar Google Analytics dapat anda baca untuk anda yang ingin daftar akun google analytics.

Cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress

Bagi anda pengguna wordpress, untuk memasang kode pelacakan google analytics sangat mudah. Jika anda tidak tahu dimana tempat untuk meletakkan kode tersebut didalam themes yang anda gunakan, anda bisa menggunakan plugin google analytics.


Pada pembahasan ini, saya akan jelaskan cara memasng kode google analytics baik itu secara manual maupun dengan menggunakan plugin.

1. Cara Pasang Kode Google Analytics Secara Manual

Memasang kode google analytics secara manual, anda harus meletakkan dibawah kode <head> pada header tema anda. Langkah-langkanya berikut ini:
  • Masuk ke dashboard wordpress
  • Pilih tampilan atau appearance >editor
  • Pada kolom editor anda akan melihat tampilan kode php yang digunakan themes anda
  • Pilih Header.php (pada sisi sebelah kanan). Letakkan kode pelacakan google analytics dibawah <head> sebelum </head>. Jika sudah selesai klik perbaharui berkas.

2. Cara Pasang Kode Google Analytics Dengan Plugin

Salah satu kelebihan wordpress adalah tersedianya banyak plugin yang akan membantu dalam mengembangkan situs anda. Termasuk cara pasang kode google analytics ini tersedia plugin gratis yang dapat anda gunakan.

Baca: Apa Itu Wordpress? Cari Tau Sejarah Lengkap Wordpress

Salah satu plugin gratis yang dapat anda gunakan adalah plugin Google Analytics Dashboard for WP by ExactMetrics. Jika telah terinstal, cara menggunakannya sebagai berikut.
  • Masuk ke halaman google analytics dari dahboard wordpress and
  • Pilih Authorize Plugin
  • Selanjutnya klik Get Accces Code
  • Sebuah jendela baru akan terbuka, silahkan anda login dengan akun google yang telah anda gunakan untuk mendaftar google analytics
  • Jika ada pertanyaan seperti gambar dibawah ini, plih saja izinkan
  • Anda akan diberi deretan acces code sebagai tanda bahwa akun google analytics anda dengan plugin tersebut telah terhubung.
  • Copy code tersebut dan paste ke kolom Access Code kemudian save.
  • Pindah tab bagian tracking code, pilih analytics pada bagian Tracking Type, dan bagian Code Placement pilih HTML Body.
  • Secara otomatis plugin tersebut akan meletakkan kode pelacakan google analytics anda pada bagian body. Anda juga bisa memilih untuk meletakkan pada bagian HTML Head. Tetapi agar kode tersebut tidah memperlambat waktu loading situs maka sebaiknya letakkan di bagian body.
Sampai disini maka akun google analytics anda sudah bisa melacak statistik situs anda dengan akurat.

Cara Pasang Kode Google Analytics di Blogger/Blogspot

Cara pasang kode google analytics di blogspot sangat mudah. Caranya mirip, tetapi di blogspot tidak menggunakan plugin. Anda harus melakukannya secara manual.

Untuk meletakkannya didalam tempalate anda, dari dashboard blogger masuk ke bagian tema>edit HTML. Cari kode <head> dan letakkan kode pelacakan google analytics dibawah kode head tersebut.

Atau, bisa juga dengan masuk ke menu setelan > lainnya. Scrool ke bagian bawah dan temukan kolom ID Properti Web Analytics. Masukkan kode pelacakan googel analytics dikolom tersebut yang hanya berupa angka. Misalnya UA-872533126-2.

Itulah cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress dan Blogspot. sebenanrnya sangat mudah, tetapi dibutuhkan ketelitian agar kode tersebut diletakkan dengan benar dan bisa bekerja. Semoga bermanfaat.