Dampak Serangan DDOS Attack Pada Website

Dampak Serangan DDOS Attack sangat berbahaya. Dampak serangan DDOS Attack akan terasa ketika situs sudah tidak bisa lagi diakses. Serangan DDOS ini merupakan serangan membabi buta karena dilakukan oleh banyak komputer untuk menyerang satu target. Pada artikel sebelumnya saya telah bahas tentang apa itu serangan DOS dan DDOS. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kedua jenis serangan tersebut silahkan baca artikel Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Serangan DOS dan DDOS.

Dampak Serangan DDOS Attack Pada Website

Membahas serangan DDOS attack ini hampir tidak ada habisnya. baru baru ini, data dari detik.com bahwa telah dilakukan pengamatan di 10.000 jaringan di lima benua, 3,5 miliar security log, 6,2 trilyun serangan percobaan, serta global honeypots dan sandboxes yang ditempatkan di lebih dari 100 negara berbeda oleh NTT security, diketahui serangan DDos mengalami peningkatan dari 3% menjadi 6% dimana sebesar 60% diantaranya berasal dari Asia, 21% dari Eropa, Timur Tengah & Afrika, serta 19% sisanya berasal dari Amerika.

Kemudian telah dikabarkan juga oleh kaspersky lab melalui liputan6.com bahwa pada tahun 2018, 98 negara telah terkena serangan DDOS attack. Dari ke-98 negara yang terkena serangan DDOS attack, Vietnam, Hong Kong, Kanada, Turki, Lithuania, termasuk negara yang paling banyak diserang oleh DDoS.

Menurut data Kaspersky Lab, sumber serangan DDOS attack kebanyakan berasal dari negara Italia, Hongkong, dan Inggris.

Serangan DDOS attack yang terjadi pada tahun 2018 kebanyakan adalah seranganyang bernuansa politik. Hal tersebut sampaikan oleh Kaspersky Lab bahwa serangan DDOS Attack menargetkan situs-situs pemerintahan seperti kantor statistik Republik Ceko, situs web dari Mahkamah Konstitusi Spanyol.

Serangan DDOS attack juga berupaya mendapat untung dari perubahan nilai tukar Bitcoin melalui serangan situs BTG dan bursa Bitcoin Bitfinex.

Dampak Serangan DDOS Attack dapat membuat website tidak bisa diakses atau downtime untuk beberapa jam kedepan. Tentunya hal ini harus kita hindari dengan mengamankan situs dari serangan tersebut.

Ada beberapa dampak jika website anda terkena serangan DDOS attack, diantaranya:
  1. Situs yang terkena serangan DDOS attack akan mengalami peningkatan jumlah komentar SPAM secara signifikan. Yang mana pada waktu-waktu biasa tidak kita ditemukan atau bahkan tidak ada sama sekali komentar spam disitus anda. Plugin akismet atau cara mengatasi komentar spam pun tidak dapat mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah komentar spam tersebut.
  2. Server yang terkena serangan DDOS attack akan lambat diakses. Untuk mengakses server tersebut dibutuhkan waktu sampai beberapa menit tetepi pada akhirnya juga tidak dapat diakses. Hal tersebut karena adanya teknik traffic flooding yang mana teknik ini penyerang berusaha membanjiri lalu lintas jaringan server dengan data sebanyak mungkin.
  3. Puncak dari serangan ini adalah website akan mengalami downtime. Serangan DDOS attack mengakibatkan terjadinya pemutusan rute network pada IP Website atau server.
Pada situs situs lain, dampak serangan DDOS attack ini bisa saja beragam. Situs bisnis misalnya, para penyerang dapat mencegah klien, mitra kerja, pemegang saham, karyawan dan pihak lain untuk mengakses sumber daya perusahaannya berbasis internet. Sehingga menimbulkan efek samping bagi penjualan dan kegiatan operasional harian lainnya.