Jenis-Jenis Search Engine di Internet

Search engine secara kalimat dapat diartikan sebagai ‘mesin pencari’. Dalam dunia internet, search engine digunakan untuk menemukan informasi dan website yang sedang dicari. Ada cukup banyak macam-macam searh engine yang tersedia. Namun untuk saat ini, tentu anda sudah menyadari kalau Google merupakan search engine paling populer di dunia. Padahal, masih ada search engine lainnya yang juga bisa diandalkan. Nah, berikut ini adalah macam-macam search engine beserta penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jenis-Jenis Search Engine di Internet

Google

Google merupakan search engine yang didirikan oleh Larry Page bersama dengan Sergey Brin. Salah satu perusahan terbesar di dunia ini berpusat di Mountain View, California dan memiliki slogan ‘Dont be Evil’.

Sebagai search engine paling populer di dunia, Google memiliki beberapa kelebihan. Mengakses apapun dengan Google dapat berlangsung dengan mudah dan cepat. Fitur fungsional yang ada di search engine ini pun cukup banyak dan tentunya sangat membantu para penggunanya. Di sini anda bisa mencari artikel, gambar, video, hiburan, dan lain-lain.

google search


Baca: Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Namun di samping itu, Google juga memiliki kekurangan yakni adanya iklan yang tampil di halaman terdepan saat kita mencari suatu informasi.

Yahoo!

Yahoo merupakan salah satu search engine tertua yang masih eksis sampai saat ini. Yahoo juga menggunakan jasa dari Google untuk mendapatkan informasi dari web, selain itu juga ditambah dengan informasi dari database nya sendiri.

yahoo search


Baca: Cara Membuat Email Yahoo Gratis di PC/HP Android Terbaru

Sebagai salah satu search engine terbaik yang ada saat ini, Yahoo menawarkan beberapa kelebihan yang dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Search engine ini merupakan layanan gratis yang memiliki fitur unggulan seperti adanya Yahoo Mail dan Yahoo 360.

Selain itu, Yahoo juga telah tersedia di seluruh dunia sehingga antar penggunanya bisa dengan mudah terhubung antar satu sama lain. Sementara itu, kekurangan yang dimiliki oleh Yahoo adalah terlalu mudah untuk membuat id, sehingga seringkali disalah gunakan. Speed loadingnya pun tidak secepat yang dimiliki oleh Google.

Bing

Bing merupakan produk asli dari Microsoft yang dilaunching pada 1 Juni 2009. Meskipun tidak sepopuler Google Search, Bing search engine tetap menawarkan berbagai kelebihan dengan dukungan fitur menarik.

bing search

Di Bing telah tersedia fasilitas instant answer serta hasil pencariannya yang berupa image dan video bisa difilter secara detail sesuai keinginan kita. Sistem filter pada Bing juga bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sehingga membuat anda dapat mengakses situs yang telah diblokir.

Namun di samping itu, Bing juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak adanya fitur geo-targeted sehingga terkadang hasil pencariannya kurang relavan dengan kata keyword yang anda input.

Itulah macam-macam search engine terbaik beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda.