Kelebihan Komentar Disqus Dari Komentar Default Blogger dan Wordpress

Disqus adalah salah satu layanan kolom komentar yang tersedia bagi pengguna blogger atau wordpress. Layanan komentar disqus adalah layanan gratis yang bisa anda gunakan sesuka anda. Untuk menggunakan komentar disqus tentunya anda harus mendaftarkan blog terlebih dahulu melalui situs resmi disqus baru kemudian selanjutnya anda bisa menggunakannya baik itu di blogger maupun di wordpress.

Kelebihan Komentar Disqus Dari Komentar Default Blogger dan Wordpress
Jika anda sering melakukan blogwalking, anda akan menemukan banyak situs yang menggunakan komentar disqus. Tak ada perbedaan antara komentar disqus yang diterapkan di blogger maupun komentar disqus yang diterapkan di wordpress. Kehadiran komentar disqus tentunya sangat menambah profesionalitas sebuah situs.

Sebenarnya, baik di blogger maupun di wordpress telah tersedia kolom komentar default sebagai bawaan dari platform yang anda gunakan. Keberadaan kolom komentar default ini sudah sangat melengkapi kedua platform tersebut. Dalam artikel ini saya tidak mengajak anda untuk ramai-ramai meninggalkan komentar default blogger maupun wordpress.

Baca: Cara Pasang Komentar Disqus Valid HTML5 di Blogger

Khusus untuk blogger, komentar default dapat dimodifikasi tampilannya sesuai keinginan anda sendiri, tetapi anda harus memiliki pengetahuan tentang cara memodifikasi kode-kode html agar bisa berfungsi dengan baik. Komentar default blogger pun tak kalah menarik bahkan melebihi tampilan komentar default wordpress, facebook, bahkan disqus sekalipun.

Meski demikian, kehadiran layanan komentar disqus tetap saja mendapat ruang dihati pemilik situs. Kelebihan komentar disqus adalah penyebab mengapa layanan ini banyak digunakan. Kelebihan komentar disqus akan membuat pemilik situs merasa penasaran dan segera menggunakan layanan tersebut.

Kelebihan Komentar Disqus Dari Komentar Default Blogger dan Wordpress

Berbicara mengenai kelebihan komentar disqus, ada beberapa hal yang membuat layanan komentar disqus berbeda dengan komentar default blogger maupun wordpress.

1. Bisa login dengan akun sosial media populer

Sebagai penggiat internet, anda pasti telah memiliki beberapa akun sosial media populer seperti google, facebook dan twitter. Nah salah satu kelebihan komentar disqus adalah anda dapat login dengan menggunakan salah satu layanan sosial media tersebut untuk meninggalkan komentar.

2. Tampilan Komentar Disqus yang Eleghant Ditambah Fitur Reaction

Tampilan komentar disqus telah banyak membuat pemilik situs untuk menggunakannya. Tampilan komentar disqus sangat simple dan sederhana. Meski demikian, telah banyak fitur tersemat didalamnya. Salah satu fitur disqus yang baru saja hadir adalah fitur reaction. Anda bisa mendapatkan tanggapan pembaca dengan mengaktifkan fitur reaction melalui halaman setting disqus.

3. Mengurangi Page Load Time

Page load time adalah salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan popularitas situs dimata mesin pencari. Mengurangi page load time adalah pekerjaan rumah bagi pemilik situs. Jika anda menggunakan komentar default, maka ketika anda membuka sebuah halaman maka semua komentar dalam halaman tersebut juga akan ikut terloading, hal ini tentu akan memberatkan page loading time sebuah situs. Semakin banyak komentar dihalaman tersebut, maka akan semakin berat pula ketika diakses nantinya.

Jika anda menggunakan disqus, maka komentar disqus tidak akan langsung terbuka sebelum semua halaman terbuka seutuhnya. Komentar disqus hanya akan terbuka jika anda melakukan scroll sampai pada akhir halaman tempat komentar disqus.

4. Hemat Storage

Kelebihan memasang disqus comment system yang satu ini merupakan salah satu alasan banyak pemilik web menggunakan disqus khusunya pengguna wordpress. Dengan menggunakan disqus comment system, komentar yang diberikan oleh pengunjung akan disimpan dalam database disqus. Dengan begitu, pemilik website dapat menghemat storage penyimpanan pada database karena tidak perlu memenuhi database dengan komentar dari pengunjung.

5. Bisa Menggunakan Komentar Anonymous

Salah satu kelebihan komentar disqus yaitu anda bisa mengaktifkan komentar anonymous. Komentar anonymous berguna bagi mereka yang ingin berkomentar namun tidak menggunakan akun sosial media, jadi komentar anonymous hanya akan menampilkan avatar bagi seorang komentator.

6. Ampuh Menangkal Komentar Spam

Komentar spam adalah komentar yang dapat menurunkan citra sebuah situs. Pemilik situs sangat berupaya untuk selalu menjaga situsnya terhindar dari komentar spam. Sangat banyak komentar spam yang dapat kita temukan di berbagai tempat. Nah dengan menggunakan komentar disqus maka anda dapat menangkal para spammer yang ingin meninggalkan  komentar spam di situs anda.

Itulah beberapa kelebihan komentar disqus. Sebenarnya masih banyak kelebihan yang dimiliki komentar disqus ini, tetapi saya tidak menjelaskan lebih banyak lagi dengan harapan anda menjadi penasaran untuk menjejali apa saja kelebihan komentar disqus ini dengan menerapkannya disitus anda.