Membuat Halaman Kontak Form di Wordpress

Membuat halaman kontak form di wordpress sangat penting. Halaman kontak form di wordpress berfungsi sebagai salah satu media komunikasi antara pengunjung dan pemilik situs. Keberadaan halaman kontak form di situs wordpress sangat membantu pengunjung anda jika mereka membutuhkan sesuatu dari pemilik situs, apakah itu berupa pertanyaan langsung, ingin bermitra bisnis, dll.

Membuat Halaman Kontak Form di Wordpress
Halaman kontak form di wordpress sangat membantu melindungi privasi pengunjung. Mengapa demikian, jika ada sesuatu hal yang sifatnya rahasia dan tidak ingin diketahui oleh pengunjung lain, maka biasanya pengunjung tersebut akan menggunakan halaman kontak untuk segera menghubungi anda.

Begitu pentingnya halaman kontak form ini dalam meningkatkan popularitas situs anda dimata pengunjung dan juga search engine. Sehingga, salah satu halaman yang paling prioritas untuk segera dibuat ketika anda baru saja membuat blog adalah halaman kontak untuk situs anda.

Hlaman kontak form juga adalah salah satu poin penting agar situs anda diterima menjadi publisher google adsense. Tim Google Adsense akan meninjau kelengkapan situs anda termasuk keberadaan halaman kontak form ini. Jika halaman ini idak tersedia, maka bisa dipastikan anda tidak akan pernah menjadi publisher google adsense.

Baca: Cara Backup Database MySQL Wordpress Melalui SSH

Jika situs anda menggunakan platform wordpress, maka untuk membuat halaman kontak form ini sangat mudah sekali. Wordpress dikenal dengan ribuan plugin yang bisa anda gunakan dalam mengembangkannya, termasuk juga plugin contact form yang telah lama tersedia di wordpress.

Sebenarnya jika kita ingin mereview, ada beberapa plugin yang menyediakan halaman kontak untuk situs anda. Misalnya saja plugin jetpack yang tidak ketinggalan dengan fitur canggihnya termasuk halaman kontak yang bisa anda biat dengan mudah.

Tetapi dalam tutorial ini, saya akan menggunakan plugin contact form untuk membuat halaman kontak. Plugin ini memiliki rating 4.5, rating yang sangat tinggi untuk sebuah plugin contact dengan jumlah instalasi telah mencapai diatas 1 jutaan. Jika demikian, berarti hampir semua pengguna wordpress menggunakan plugin ini untuk membuat halaman kontak form disitus mereka.

Oke tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ini langkah langkah untuk membuat halaman kontak form disitus anda. Saya asumsikan plugin contact form diatas telah anda download dan telah anda aktifkan disitus anda.

Membuat Halaman Kontak Form di Wordpress

1. Pada bagian bilah menu wordpress, pilih Contact
2. Setelah menu itu terbuka, Pilih Add New
3. Tuliskan judul pada kolom judul kontak, misalnya kontak baru
4. Di halaman editing, anda akan melihat ada 4 tabs untuk mengatur semua fungsi widget contact form anda.
5. Pada bagian tabs Form, pastikan kode berikut ini sudah ada.

<label> Your Name (required)
    [text* your-name] </label>

<label> Your Email (required)
    [email* your-email] </label>

<label> Subject
    [text your-subject] </label>

<label> Your Message
    [textarea your-message] </label>

[submit "Send"]

6. Pada bagian tabs Mail, silahkan atur sesuai keinginan anda. Pada kolom pertama isikan alamat email anda sebagai alamat email tujuan. Jika tidak, plugin ini telah otomatis membaca alamat email yang anda gunakan sebagai email admin situs anda. Silahkan lengkapi bagian mana yang menurut anda perlu di perbaiki.
7. Pada tab Messages, disana berisi pesan pesan yang akan muncul situasional, misalnya jika email telah terkirim, dsb.
8. Jika sudah lengkap, silahkan save dan anda akan mendapatkan shortcode yang kemudian akan anda letakkan di halaman kontak anda nantinya.

Sampai disini kolom kontak anda sudah jadi, sekarang waktunya untuk membuat halaman kontak form. Biasanya halaman kontak form dibuat di halaman statis/page.

Untuk membuatnya, silahkan tambah laman baru dari dasbor wordpress anda dan paste shortcode yang anda dapatkan tadi melalui mode HTML. Save dengan judul kontak kami atau halaman kontak, atau apa saja yang menurut anda menarik.

Sampai disini halaman kontak anda sudah siap untuk digunakan. Semoga bermanfaat