Cara Mengetahui Lokasi Server Website

Cara Mengetahui Lokasi Server Website
Dalam mengembangkan sebuah website, mengetahui lokasi server sangatlah penting. Sebelum memilih hosting, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana lokasi server kita nantinya berada. Lokasi server ini sangat menentukan seberapa cepat akses website anda.

Baca: Mengatasi Blogger Error Setelah Mengaktifkan HTTPS

Saya asumsikan jika anda tinggal di Indonesia sementara anda mengakses sebuah web yang lokasi servernya terletak di New York maka tentu akan ada perbedaan kecepatan akses jika lokasi server tersebut berada di Singapore.

Baca: Kelebihan Komentar Disqus Dari Komentar Default Blogger dan Wordpress

Dalam menentukan dimana sebaiknya lokasi server anda tergantung sasaran anda. Jika ada tinggal di Indonesia dan sasaran anda adalah pengunjung dari Asia, lokasi server Singapore sangat disarankan. Tetapi jika website anda berbahasa inggris dan ingin menyasar pengunjung dari belahan dunia manapun maka lokasi server New York sangat disarankan.

Mengapa Perlu Mengetahui Lokasi Server ?

Saat ini banyak penyedia hosting yang berlomba-lomba menawarkan layanan terbaik bagi pengguna wordpress. Khususnya dalam menyediakan layanan hosting, mungkin saja penyedia tersebut mengklaim bahwa lokasi server mereka berada di Singapore tetapi setelah dicek ternyata berada di wilayah lain di Eropa. Hal - hal sepertini inilah yang tentunya perlu kita hindari agar tidak merugikan kita.

Cara Mengetahui Lokasi Server Sebuah Website

Cara Mengetahui Lokasi Server Website

Untuk mengetahui lokasi server anda, silahkan kunjungi halaman Check Host dan lakukan uji lokasi server disana. Anda bisa mengecek berdasasrkan domain maupun ip adress server anda.

Baca: Cara Cepat Mendapatkan Google Sitelink Untuk Blogspot

Di situs tersebut, selain mengetahui lokasi server hosting, anda juga bisa cek kualitas koneksi jaringannya dengan klik di tab Ping, HTTP, Port dan DNS. Selain itu di tab DNS anda juga dapat mengetahui berapa lama waktu TTL (Time To Live) dari IP address dan DNS yang digunakan tetap hidup.

Hal ini sangat penting apabila anda berpindah hosting setelah mengganti nameserver dan masih menunggu propagasi. Waktu yang tertera menunjukan berapa lama IP address dan DNS akan diperbarui mengarah ke hosting yang baru.

Baca: Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Anda juga bisa melakukan test lokasi server sebuah website. Misalkan anda ingin mengetahui lokasi server website A maka anda tinggal mengeceknya di website Check host.