Gotri: Pancasila Harus Hadir di Setiap Sudut Kehidupan Kita

0

BENGKULU, terupdate.id – Hari lahirnya Pancasila, harus diamalkan dengan Bersatu, Berbagi dan Berprestasi. Itu yang dikatakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada upacara yang digelar Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan di lapangan upacara Kantor Gubernur Bengkulu, Jumat (1/6/2018).

Asisten III Pemprov Bengkulu, Gotri Suyanto, bertindak sebagai inspektur upacara yang membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia itu. Dalam sambutan yang dibacakannya, dirinya menjelaskan Pancasila harus ada dalam kehidupan serta menjadi ingatan dalam pikiran, karena itu bentuk pengamalan hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni ini.

“Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hari dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi  dan berprestasi,” ucap Gotri.

Sambungnya, pada bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini, harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Ia juga menjelaskan, semangat prestasi harus tertanam kuat  sebagai momentum meraih prestasi Asian Games dan games tahun ini harus dimenangkan oleh Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi. Semangat prestasi juga bukan hanya di olahraga tapi harus ditunjukan melalui profesi.

“Saya yakin, semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita, untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para Games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” imbuhnya.

Dikatakan Gotri, Presiden juga berpesan, peringatan hari lahirnya Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini, harus dimanfaatkan dalam mengamalkan Pancasila agar menjadi Indonesia yang maju dan jaya.

“Saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” ungkapnya.

Tampak peserta Upacara ini diikuti oleh staf ahli Gubernur, asisten-asisten Pemerintah Provinsi Bengkulu dan seluruh kepala OPD bersama jajarannya, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Forkopimda Provinsi Bengkulu. Tak kalah penting juga, paduan suara perwakilan siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Bengkulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.