Kelola Sampah Rumah Tangga, Ibu-ibu Kelurahan Padang Jati Dapat Pelatihan dari Usin Sembiring

0

BENGKULU, terudateID – Jika dikelola dengan baik, sampah rumah tangga dapat dimaamfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis untuk menambah income bagi masyarakat. Atas dasar itu Anggota DPRD Provinis Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehuanan Provinsi Bengkulu gencar melakukan pelatihan Pilah Pilih olah sampah dari rumah.

 

Kali ini  masyarakat kelurahan Padang Jati Rt 2 Kota Bengkulu medapatkan pelatihan dari fasilitator yang sudah memiliki pengalaman selama 3 tahun ini membentuk kader lingkungan di kota Bengkulu.

 

Plt. Kepala Dinas LHK Safnizar, S.Hut., M.P yang hadir dalam pelatihan itu menyampaikan apresiasinya atas antusias masyarakat yang mengikuti peatihan pengelolan sampah ini. Ia berharap program-program seperti ini dapat menyasar ke kabupaten-kabupaten lain yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Untuk mengatasi masalah sampah, diperlukan penerapan skema pengelolaan sampah dengan mengembangkan prinsip dasar 3R (reduce, reuse, recycle) sehinga dapat memberikan nilai ekonomis yang terkandung dalam sampah tersebut,” Uajrnya, Sabtu (18/5/2024).

Senada dengan kepala Dinas, anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Sembiring inisiator pembentuk kader-kader lingkungan mengatakan program ini membangun kesadaran masyrakat untuk dapat mengelola sampah rumah tangga menjadi barang memiliki nilai ekonomis.

“Pelatihan ini akan diberikan di beberapa rt yang sudah terpilih yang ada di kota Bengkulu, Kedepan program ini akan kita laksanakan di daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” ucapnya.

Dijelaskannya, tujuan pelatihan ini untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa samapah tidak lagi menjadi limbah namum dapat diolah menjadi kerajinan, pupuk organik  yang nantinya dapat memberikan nilai ekonomis sehingga dapat memberikan tambahan income pada keluarga.

“Jika kesadran sudah terbangun bagi ibu-ibu yan diberikan pelatihan hari ini, kedepannya akan dibangun unit bank sampah untuk kelompok ini,”cetusnya.

Sebagai anggota DPRD Usin sembering akan terus memprogramkan program ini dan terus mengawal dan mendampingi. Kedepannya program ini akan dilaksanakan ke daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Meskipun kecil dan dianggap remeh namum dapat memberikan damapak yang besar bagi linkungan dan keluarga,” Pungkasnya. (Raja).



Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.