Lulsan Ners Sekarang Setara dengan Profesi Dokter

0

JAKARTA, terUpdate.id – Kabar gembira bagi seluruh perawat di Indonesia. Pasalnya baru saja terbit Peraturan Menteri Kesehatan nomor 4 tahun 2022 tentang petunjuk teknis Jabatan fungsional Perawat yang menyatakan ners sudah setara dengan profesi dokter.

Informasi ini didapati dari Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI). Salah satupengurus mengakatakan juknis jafung perawat diawali dengan perjuangan dan perjalanan panjang untuk terbitnya Permenpan 35 tahun 2019 tentang  jafung perawat.

Namun disampaikannya juga, Permenpan tersebut belum dapat langsung diimplementasikan jika belum terbit Permenkes juknis  jafung perawat.

“Dalam lampiran juknis tersebut tertera bahwa  lulusan Ners setara dengan 3b,” ujarnya.

Untuk terbitnya permenkes di atas, lanjutnya, KSB beserta tim jafung melakukan sosialisasi, advokasi kepada stake holder unuk mendapat dukungan.

“Dengan terbitnya juknis jafung perawat no 4 tahun 2022 ini, maka Ners sudah setara dengan profesi dokter langsung menduduki  golongan 3B yang semula hanya 3A jika diangkat sebagai ASN,” ucapnya.

Maka itu, dirinya menyebutkan bahwa KSB beserta tim perlu kerja keras untuk memahami draft atau substansi peraturan tersebut, serta melakukan sosialisasi dan advokasi terus menerus. Karena, tidak semua stake holder langsung memahami baik itu Kemenkes dan jajarannya, Kemenpan, BKN, Kemendagri dan Kumham.

“PPNI Juga akan melakukan koordinasi dengan para pakar kesehatan, intitusi pendidikan kesehatan dan tatanan pelayanan   kesehatan untuk mendukung dalam kelengkapan subnstansi peraturan tersebut,” cetusnya.

Selanjutnya, permenkes ini juga dapat dijadiikan acuan  buat pemerintah daerah setempat terkait dengan penggunaan tenaga kesehtaan yang disesuaikan dengan peraturan tersebut.(kai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.