Marjon Ajak Penggiat Seni Munculkan Ciri Khas Daerah

0

BENGKULU, terupdate.id – Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon berharap para penggiat seni untuk memunculkan ciri khas daerah yang menandakan seni ini adalah kesenian khas dari Bengkulu. Misalnya seni budaya seperti Dhol harus mempunyai standar dan ciri khas milik Bengkulu.

“Kita harus munculkan ciri khas daerah kita, misalnya ketika dhol dikenal orang Bugis di Makassar, kan dhol juga namanya, siapa punya ?,ya mereka juga punya. Maka standar pukulan dan tabuhannya inilah yang menunjukan bahwasannya itu Bengkulu punya,” kata Marjon saat Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Seni Dudaya Lokal dan Daerah, Pembentukan Dewan Kesenian Kota tahun 2019, di Hotel Bumi Endah,Selasa (26/03/2019).

Dikatakan dia, diharapkan melalui sosialisasi ini bisa terbentuk komunitas dewan seni Kota Bengkulu yang dapat mengakomodir pokok-pokok pikiran dan masukan-masukan, pakar-pakar seni yang ada di Kota Bengkulu. Yang terdiri dari berbagai aliran seni, seni musik, tari, teater dan lainnya yang sangat penting untuk di lestarikan dan sekaligus melestarkan budaya di Kota Bengkulu.

“Kita berharap melalui sosialisai ini nantinya akan menghasilkan suatu komunitas dewan seni Kota Bengkulu yang tergabung dari berbagai dewan seni se Kota Bengkulu untuk bisa memberi masukan dan pokok pikirannya guna kemajuan Seni Budaya Kota Bengkulu,”kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Rosmayetti berharap dengan terbentuknya Dewan Kesenian, dapat menjalin kemitraan untuk melestarikan serta mengembangkan seni budaya di Kota Bengkulu.

“Dengan Terbentuknya Dewan Kesenian, mari kita berdayakan dan jalin kemitraan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya di Kota Bengkulu,”sampai dia.

Acara yang dihadiri 50 peserta seluruh Dewan Kesenian se-Kota Bengkulu berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang berarti. (cw4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.