Peringati Hari Santri Nasional 2022, Forum Santri Nasional Bengkulu Gelar Sarasehan Kebangsaan

0

BENGKULU, Terupdate.id – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022 Forum Santri Nasional (FSN) Bengkulu melaksanakan Saresehan kebangsaan dengan tema “Peran Santri Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI Di Tengah Keberagaman Masyarakat Dengan Tetap Menjaga Martabat Kemanusian”, Rabu (24/10/2022).

Ketua FSN Bengkulu, Irwansah, S.Sos dalam sambutannya di Kantor PWNU Bengkulu menyampaikan, untuk mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan NKRI merupakan tugas kita bersama, khususnya kepada para santri peringatan Hari Santri ini merupakan momentum untuk manfaatkan dan senantiasa mengingatkan kembali pentingnya toleransi dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di masyarakat kita.

“Hal ini tentunya harus terus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Momen Hari Santri Nasional ini bisa kita manfaatkan untuk senantiasa mengingatkan kembali pentingnya toleransi dalam menjaga kerukunan antar umat beragama serta menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI di masyarakat kita,” jelas Irwansah.

Menurut Irwansah, pada hakekatnya para santri adalah pemuda dan pemudi yang tengah berjuang dalam menuntut ilmu. Mereka dengan pemikiran kritis yang masih berkembang mengamati apa saja yang sedang terjadi di sekitar mereka dan memikirkan apa yang bisa diperbuat untuk bangsa dan negara Indonesia lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang. Perayaan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini dimaknai bahwa santri merupakan pribadi yang selalu siap sedia berbakti dan berkorban untuk bangsa dan negara Indonesia.

Dalam menjaga martabat kemanusiaan, para santri, dapat melakukannya dengan memperkuat toleransi antar umat beragama dengan merangkul, melindungi, memberikan empati, dan kepedulian terhadap semua golongan dan lapisan masyarakat tanpa membedakan suku, ras maupun agama.

Dalam Sarasehan memperingati Hari Santri Nasional tersebut hadir tokoh ulama dan pengurus Ponpes di Kota Bengkulu dengan pemateri sarasehan, Dr Jafarudin M.Si akademisi UINFAS Bengkulu dan KH Hasbullah ahmacd pengasuh ponpes Ali Basya yang menyampaikan materi wawasan kebangsaan peran santri dalam merebut dan mejaga keutuhan NKRI. Selain itu peran santri sangat sentral dalam menolak faham faham yang merusak tatanan negara dan kesatuan NKRI.

Mari bersama-sama kita jaga toleransi antar umat beragama di tengah keberagaman masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut FSN Bengkulu juga menyatakan sikap Bahwa Kami Forum Santri Bengkulu Siap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa dan menolak seluruh Faham Radikalisme dan terorisme.(red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.