Selamatkan Anak Bangsa dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

0

BENGKULU, newsikal.cm – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Ikatan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Indonesia (IMKLI) bekerja sama dengan HMJ Kesehatan Lingkungan melaksanakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yaitu perilaku sederhana yang berfokus pada penerapan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), pilar  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN 67 Seluma, Desa Riak Siabun Kecamatan Sukaraja Kabupaten, Jumat (27/7/2018). CTPS merupakan salah satu pilar perilaku hidup sehat dan bersih yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Koordinator pelaksana kegiatan, Sumiati Natalia Panjaitan, mengatakan bahwa cuci tangan pakai sabun itu merupakan salah satu wujud hidup bersih. Cuci tangan itu agar tangan jadi sehat tidak terkena kotoran. Apalagi ini sangat penting dilakukan sebelum makan.

Hingga saat ini, masih banyak sekali anak-anak Indonesia yang meninggal karena Diare, dan juga kurang gizi karena cacingan. Selain itu, masih ada pula anak dan orang dewasa yang tertular dan meninggal karena terinfeksi virus flu burung. Padahal, dengan melakukan perilaku sederhana cuci tangan ini, sebenarnya sudah dapat mengurangi risiko tertular penyakit-penyakit tersebut.

Data WHO menunjukkan, perilaku CTPS  mampu mengurangi angka kejadian Diare sebanyak 45 persen. Telah dibuktikan juga bahwa CTPS dapat mencegah penyebaran penyakit kecacingan, serta mampu menurunkan kasus infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan Flu Burung hingga 50 persen. Sanitasi penting, karena turut menyelamatkan jiwa.

“Maka, anak harus dibiasakan cuci tangan pakai sabun. Jangankan anak, kita pun yang sudah dewasa masih sering malas mencuci tangan menggunakan sabun. Padahal kebiasaan mencuci tangan pakai sabun ini berpengaruh besar terhadap kesehatan kita,” ucapnya.

Dirinya sangat mendukung setiap upaya mahasiswa dan guru dalam meningkatkan kesehatan siswa dan siswi di SDN 67 Seluma Desa Riak Siabun Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu ini. Banyak cara yang dilakukan dalam meningkatkan kesehatan diri, salah satunya dengan cara cuci tangan.

Kondisi inilah yang membuat Mahasiswa (HMJ) Kesling, bersama Ikatan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Indonesia (IMKLI), bersama-sama bergerak untuk melaksanakan pengabdian masyarakat yaitu perilaku sederhana yang berfokus pada penerapan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

“Saya berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi seluruh anak muda, masyarakat, dan juga pemerintah untuk lebih peka terhadap kesehatan diri sendiri. Perlu kita ketahui Keluarga yang sehat adalah cerminan generasi yang cerdas,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.