Tampil Beda, Tabot 2018 Benteng Usung Tema Lingkaran

0

BENTENG,terupdate.id – Lagi lagi Pemerintah Kabupaten Bengkulu kembali berpartisipasi pada pergelaran Festival tahunan Tabot di Provinsi Bengkulu.

Seperti Tabot tahun lalu, tahun ini 2018 Kabupaten yang dikenal dengan semboyan “Maroba Kite Maju” kembali mengutus Dinas Pariwisata Kabupaten tersebut untuk mengikutsertakan Benteng sebagai salah satu kandidat dari Kabupaten/Kota yang ada.

Kabid Pariwisata Eka Nurmeini mengatakan, seperti tahun sebelumnya tahun ini Pemerintah Kabupaten Benteng kembali meminta dirinya untuk mencari perajin yang dapat membuat Tabot Kabupaten Benteng.

” Intinyo kabupaten Bengkulu Tengah melalui disparbud kembali ikut berpartisipasi dalam festival tabut. Ini merupakan keikutsertaan kita ke 5 smenjak Benteng mekar,” ujar Eka kepada Newsikal.com, Rabu (19/09/2018).

Terpisah perajin Tabot Benteng Handi Rad mengungkapakan, untuk Benteng dirinya mengusung tema lingkaran di beberapa sisi dengan ukiran timbul bermotifkan relung paku.

“Ini terobosan baru. Yang mana model seperti ini belum ada yang meggunakan kecuali Kabupaten Benteng,” jelas Rad.

Disampaikan Rad, selain mengusung tema lingkaran, dirinya juga memberikan sentuhan dua patung kuda sebagai simbol kekuatan. Karna dalam rumus Islam kuda sendiri memiliki makna yang cukup baik.

“Ya kurang lebih seperti itu,” kata Rad.

Adapun terang dia, untuk rincian Tabot Benteng kali ini untuk tinggi Tabot mencapai ketinggian kurang lebih 6,5 meter, sedangkan untuk lebarnya mencapai 2 meter dengan menara 9 poncak di setiap sisi.

“Pengerjaanya kurang lebih dua bulan dan sudah dipersiapkan beberapa hari sesudah lebaran idul Fitri kemarin,” demikian Rad.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.