Eri Yulian Hidayat: LCC Museum Sarana Tepat Mengukur Pengetahuan Sejarah dan Budaya

0

BENGKULU, terUpdate.id – Museum Negeri Bengkulu, menggelar seleksi peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum di Grage Hotel (28/3/2022). Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Museum Nasional.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan LCC Museum tingkat nasional yang pesertanya berasal dari tiap provinsi yang ada di Indonesia dan akan memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

LCC ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu,  Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd. Dalam sambutannya dirinya menyebutkan betapa pentingnya museum sebagai tempat menyimpan koleksi bersejarah dan wisata edukasi, karena bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai sejarahnya.

“Kita sebagai masyarakat Bengkulu harus bangga, karena ibu negara republik Indonesia pertama yang menjahit bendera merah putih yaitu Fatmawati Soekarno Putri, berasal dari Bengkulu,” ujarnya.

Disampaikannya, LCC Museum merupakan salah satu sarana yang tepat bagi museum untuk mengukur pengetahuan sejarah dan budaya. Melalui LCC ini, peserta akan mempersiapkan diri dengan membaca materi dan modul yang disiapkan oleh Museum Negeri Bengkulu.

“Saya berharap kepada juri, bisa berlaku objektif agar terciptanya pemenang yang terbaik dan berkualitas,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Museum Negeri Bengkulu Didi Hartanto, S.E juga mengatakan, bahwa cerdas cermat yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk menyeleksi pelajar-pelajar yang ada di Provinsi Bengkulu, yang nantinya akan mengikuti lomba cerdas cermat museum tingkat nasional.

Kegiatan lomba cerdas cermat museum yang dilakukan dari pagi hingga sore hari menghasilkan juara 1 yaitu SMP N 1 Kota Bengkulu, juara 2 dari SMP N 1 Rejang Loebong, dan juara 3 dari SMP N 1 Lebong.

“Para pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piagam penghargaan, selanjutnya pemenang akan mendapatkan pelatihan dari Musuem Negeri Bengkulu untuk persiapan mengikuti lomba cerdas cermat museum tingkat nasional,” tandasnya.(prw)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.